Share

Eduard Tjong Gagal Penuhi Target Awal

Kukuh Setiawan

Rabu, 30 November 2016 - 04:50 wib

GRESIK--Angan untuk memperbaiki peringkat dengan finish di 10 besar klasemen ISC 2016 dipastikan gagal diraih Persegres Gresik United. Target yang dicanangkan pelatih Eduard Tjong ternyata meleset dan hingga kini Persegres masih terpuruk di papan bawah.

Padahal Eduard Tjong didatangkan untuk 'menyulap' tim Persegres agar menjadi lebih kompetitif. Nyatanya tidak ada perkembangan menggembirakan dan Laskar Jaka Samudera harus bersiap finish sebagai tim papan bawah di akhir kompetisi.

Eduard Tjong sendiri mengakui kalau dirinya gagal meluluskan target yang dibebankan kepadanya. "Saya diserahi tugas untuk membawa Persegres ke posisi 10 besar di akhir klasemen. Jadi saya bisa dikatakan gagal," kata Edu dengan jujur.

Pelatih asal Solo ini sebenarnya memiliki inisiatif untuk mengundurkan diri karena tak mampu mengangkat prestasi tim kuning. Namun karena kompetisi tinggal menyisakan empat pertandingan lagi, dia merasa tanggung untuk berhenti.

"Ya, saya sudah mantap untuk mundur. Tapi setelah dipikir lagi kok tanggung karena tinggal empat pertandingan. Jadi saya selesaikan saja tugas di sini hingga kompetisi berakhir, agar tim tidak bingung mencari pelatih baru," demikian dasar pemikiran Edu.

Setelah menuntaskan kompetisi, Edu sudah mantap meninggalkan Gresik sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kegagalannya. Dia sekaligus meminta maaf kepada manajemen dan supporter Persegres karena belum mampu memberikan hasil terbaik.

Persegres sudah menjalani enam pertandingan tanpa kemenangan di kompetisi ISC, lima di antaranya berakhir dengan kekalahan. Terakhir, akhir pekan lalu, Persegres terjungkal di kandang sendiri ketika menjamu Bali United dengan skor 0-1.

Kekalahan tersebut membuat posisi tim kebanggaan Ultrasmania semakin terpaku di urutan 16 klasemen sementara dengan 26 poin. Bahkan jika episode buruk terus berlanjut, bukan tidak mungkin peringkat lebih buruk karena bisa disalip PS TNI dan Barito Putera.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 13
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11