Image

Pengalaman Horor Howard Webb Jadi Wasit di Piala Eropa 2008

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Selasa 18 Oktober 2016, 17:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 18 51 1518112 pengalaman-horor-howard-webb-jadi-wasit-di-piala-eropa-2008-fSzlasD9RI.jpg

LONDON—Roger Guerreiro sebenarnya berpotensi menjadi pahlawan Polandia pada pertandingan kedua Grup B Piala Eropa 2008. Golnya pada menit 30 membuat Polandia menjaga asa untuk lolos ke babak selanjutnya setelah pertandingan pertama mereka kalah dari Jerman.

Namun sayang, tepat di menit terakhir, wasit Howard Webb yang memimpin pertandingan menunjuk titik putih demi keuntungan Austria. Austria memanfaatkan hal tersebut dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Usai pertandingan, Webb langsung terbang ke Zurich yang merupakan tempat berkumpul wasit yang bertugas. Saat itu, ia mendapat telefon yang menyatakan rumahnya didatangi oleh beberapa orang karena kesal dengan keputusannya di atas lapangan.

“Saya mendapat pesan dari pusat kepolisian di dekat rumah saya yang menyatakan ada masalah. Saya sempat panik dan mengkhawatirkan keluarga saya,” ujar Webb seperti diberitakan BBC Sport, Selasa (18/10/2016).

“Saya juga sempat mendengar ada sekolompok fans Polandia yang membuat petisi untuk membunuh saya. Beruntung para polisi menangani hal ini dengan serius, baik di Zurich maupun di Inggris. Pada pertandingan selanjutnya, kepala polisi di Austria meyakinkan bahwa mereka tak akan membunuh saya,” tandasnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini