nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ahok Akan Menyehatkan Persija

Silviana Dharma, Jurnalis · Senin 19 Oktober 2015 12:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 10 19 49 1234136 ahok-akan-menyehatkan-persija-XT8qB4psQr.jpg Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Foto: Arief Julianto-Okezone.com

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berencana membeli Persija Jakarta. Namun rencana tersebut tidak akan direalisasikan dalam waktu dekat. Maklum, Macan Kemayoran memiliki utang Rp20 miliar lebih dan keuangan klub dinilai bermasalah.

"Kami sudah mau beli, cuma saat kami melakukan penelitian lebih mendalam, kami temukan sudah ada utang, 20 sekian M. Terus musti bayar dia lagi? Enggak lucu dong," kata Ahok di Jakarta, Senin (19/10/2015).

Ahok mengusulkan manajemen Persija mencari investor guna menutupi utang yang cukup besar. Caranya dengan mencari sponsor atau meminta bantuan kepada sekira 30 pengusaha.

"Mungkin kami harus cari 30 pengusaha, mau enggak tiap bulan urunan satu miliar. Kalau kamu bisa dapat sponsor 15 miliar, berarti urunan Rp500 juta. Tapi pengurus dan pemain lama yang (sebelumnya) gagal (mengelola) tetap dikasih saham. Tapi jangan minta uang kontan dong. Ini sama-sama, milik bersama 35 klub bola," paparnya.

Jika ingin Persija maju, pengurus harus rela memberikan keuntungan kepada investor yang mau urunan menutup utang klub itu kelak. Pengurus juga masih bisa menikmati keuntungan melalui saham yang dimiliki.

Untuk meningkatkan prestasi pemain, Ahok akan mulai mendorong sepakbola turnamen rusun. Contohnya, seperti yang dimainkan oleh anak-anak di Brasil. Hanya saja, hasilnya baru terlihat dalam jangka panjang.

Selain membeli Persija, Ahok juga memikirkan kemungkinan membeli klub divisi bawah. Karena kalau membuat klub baru, menurutnya akan terkendala di PSSI.

"Tapi untuk naikkinnya, ngubahnya mesti lapor PSSI. PSSI lagi kurang bahagia sama Menpora dan pemerintah. Nah saya enggak tahu," imbuhnya.

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini