nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saran Eks Pelatih Chelsea untuk Sepakbola Indonesia

Rabu 02 September 2015 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 09 02 51 1206905 saran-eks-pelatih-chelsea-untuk-sepakbola-indonesia-OvZ4qFCtjM.jpg Ruud Gullit. (Foto: AFP/Pius Utomi)

AMBON - Legenda sepakbola dunia asal Belanda, Ruud Gullit, menyatakan pembinaan sepakbola harus dimulai dari usia dini.

"Pembinaan dan pelatihan harus dimulai sejak dini yakni anak usia 14-15 tahun. Usia seperti ini sangat baik karena anak belajar memahami teknik dasar diimbangi latihan yang rutin," katanya saat memberikan keterangan kepada media di Ambon, Maluku, mengutip dari Antara, Rabu (2/9/2015).

Ia mengatakan, tidak mudah melatih sepakbola jika tidak ditunjang latihan yang rutin serta pelatih baik yang menguasai teknik.

Selain itu juga sangat penting memiliki pelatih yang baik, karena jika pelatih hanya menerapkan latihan tanpa teknik bermain akan sia-sia.

"Saya belum pernah melihat permainan sepakbola tim Indonesia, tapi saya yakin para pemain dan pelatih Indonesia memiliki teknik dan strategi yang luar biasa," katanya.

Diakuinya, lingkungan dan pengetahuan juga merupakan faktor penentu prestasi sepakbola suatu negara.

"Sangat penting menciptakan lingkungan yang baik untuk menumbuhkan bakat pemain. Jangan bermain dengan perasaan tetapi pengetahuan yang baik untuk mengorganisasi suatu tim," kata mantan pelatih dan pemain Chelsea itu.

Gullit menambahkan, kunjungannya ke Ambon juga dimanfaatkan untuk melihat perkembangan sepakbola di Indonesia.

"Saya optimistis sepakbola di Indonesia akan jauh lebih baik sehingga bisa melangkah ke kompetisi yang lebih besar di tingkat Internasional," tandasnya.

(fap)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini