Image

Status Tuan Rumah Indonesia di Piala AFF Resmi Hilang

Zanel Farha Wilda, Jurnalis · Sabtu 06 Juni 2015, 06:36 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 06 06 51 1161123 status-tuan-rumah-indonesia-di-piala-aff-resmi-hilang-2GdG5uV8JG.jpg Indonesia U-19 gagal menjadi tuan rumah. (Foto: Okezone/Heru Haryono).

JAKARTA - Sanksi yang diberikan FIFA kepada Indonesia berdampak sangat besar. Tidak hanya menghilangkan harapan Tim Nasional dan klub-klub untuk bermain di pentas internasional, sanksi tersebut juga dipastikan menghilangkan status tuan rumah yang dimiliki Indonesia untuk menggelar Piala AFF.

Hal ini disampaikan langsung oleh Sekjen Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Azwan Karim. Azwan mengungkapkan, pada Kamis 4 Juni 2015, perwakilan AFF sudah mengirimkan surat kepada PSSI untuk memastikan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala AFF sektor U-19, sektor U-16, dan sektor futsal.

"Kami baru saja menerima surat AFF, kemarin pas Kamis. AFF memastikan status tuan rumah Indonesia untuk menggelar U-16, U-19, dan futsal resmi dicabut," tutur Azwan saat ditemui Okezone di kantor PSSI belum lama ini.

Dalam surat yang dikirim dan ditandatangani oleh Sekjen AFF, Dato Azzuddin Ahmad tersebut, dijelaskan AFF tidak mempunyai pilihan lain. Walaupun tidak berada langsung di bawah naungan FIFA dan AFC, AFF harus mengikuti situasi dan kondisi terkini yang terjadi dalam sepakbola Indonesia.

Meski demikian, Azwan mengungkapkan peluang Indonesia untuk ikut serta di dalam kompetisi Piala AFF belum tentu hilang. Untuk hal itu, otoritas sepakbola di wilayah Asia Tenggara itu belum memutuskan apakah Indonesia masih mendapat kesempatan untum ikut bermain.

"Hanya saja, saya tidak yakin peluangnya besar. Kalau melihat seperti apa kondisi saat ini, kemungkinan Indonesia juga akan dicoret untuk ikut serta," papar Azwan.

Sebagai informasi, Indonesia tadinya berkesempatan menggelar kompetisi U-19, U-16, dan futsal di tiga wilayah berbeda. Kompetisi U-19 sebelumnya akan dihelat di Surabaya. Untuk kompetisi U-16 tadinya akan dihelat di Solo. Sedangkan Jakarta rencananya akan menjadi tuan rumah untuk kompetisi futsal. Namun setelah Indonesia resmi dicoret, tuan rumah pada tiga kompetisi itu kabarnya akan diganti AFF dalam waktu dekat ini.

Pencoretan ini tentu menambah penderitaan Indonesia. Sebagaimana diketahui, sebelumnya AFC sudah lebih dulu mengumumkan pencoretan Indonesia dari kualifikasi Piala Dunia 2018. Selain itu, Indonesia juga dipastikan tidak bisa menurunkan wakil di Piala Asia U-16 dan U-19.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini