nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jebolan PPLP Diharapkan Perkuat Timnas Masa Depan

Rintani Mundari, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2015 05:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 28 51 1156434 jebolan-pplp-diharapkan-perkuat-timnas-masa-depan-jCb8pbi05z.jpg Peserta tim PPLP (foto: Staf Khusus Bidang Komunikasi Menpora)

BANGKA BELITUNG – Para pesepakbola muda yang bergabung dengan Tim Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan Pusat Pengembangan Latihan Pelajar Daerah (PPLD) di berbagai wilayah di Tanah Air, diharapkan bisa menjadi pemain Tim Nasional (Timnas) di masa mendatang. Latihan keras, disiplin dan spirit yang kuat mereka, kelak diharapkan bisa mengangkat pamor dan prestasi tim sepakbola Merah Putih.

“Masa depan sepakbola nasional berada di tangan adik-adik semua. Jika mau berlatih keras, masa depan Timnas Sepakbola kita akan cerah,” ujar Staf Khusus Bidang Olahraga Kemenpora, M. Khusen Yusuf.

Khusen menegaskan, ajang rutin tahunan yang digelar oleh Kemenpora ini merupakan salah satu bagian dari upaya pembinaan berkesinambungan pesepakbola nasional usia muda. Sehingga kelak dapat lahir pemain-pemain andal yang bisa memperkuat Timnas.

Kejurnas Sepakbola Antar PPLP/PPLD 2015 digelar pada 26-31 Mei 2015 di tiga stadion di Provinsi Bangka Belitung. Yakni Stadion Depati Amir, Stadion Utama Koba dan Orom. Ajang ini diiikuti oleh 16 PPLP, PPLD dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO). Diantara PLPD Kab Bogor, PPLP Jawa Tengah, PPLP Sumbar, PPL Sumut, Pertamina Soccer School, PLPD Babel, PPLP Maluku Utara.

Hadir pada pembukaan Kejurnas ini di antaranya Asisten Deputi Sentra Keolahragaan Raden Isnanta, sejumlah anggota Tim Transisi Sepakbola seperti Tommy Kurniawan, Zuhairi Misrawi, Ricky Yakobi dan Cepi Wartono, dan sejumlah pejabat pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

Ricky Yakobi yang sekaligus diundang untuk membantu tim pemantau bakat mengatakan, Kejurnas yang digelar rutin setiap tahun ini merupakan hal yang sangat positif.

“Mereka dibina untuk menjadi olahragawan, sekaligus difasilitasi pendidikannya. Dulu ada sekitar 10 atau 11 PPLP yang memiliki tim sepakbola, sekarang jumlahnya sudah ada 17 di seluruh wilayah Indonesia, jadi ini perkembangan yang baik,” ujar Ricky.

Ricky yang sudah memantau para pesepakbola PPLP ini dalam beberapa tahun terakhir, melihat bahwa mereka memiliki potensi untuk menjadi pemain andal.

“Kualitas pemain muda dari PPLP ini tidak kalah, ada yang memiliki bakat menonjol. Bahkan sejauh ini, PPLP juga sudah memberikan kontribusi karena ada sejumlah pemain yang masuk Timnas U-19 lalu, seperti Ilhamudin dan beberapa pemain lain hasil” tutur mantan Kapten Timnas Indonesia ini.

Namun demikian, Ricky juga melihat kompetisi bagi pesepakbola pelajar ini harus terus ditingkatkan. Juga ada event pendukung di bawahnya serta dilanjutkan dengan even jenjang berikutnya yakni PPLM (Mahasiswa).

“Untuk memperkuat pembinaan di PPLP, perangkat kepelatihan di berbagai PPLP juga perlu ditingkatkan, seperti peningkatan kualitas pelatih agar dasar-dasar pesepakbola muda kita lebih kuat,” tandasnya.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini