nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keuntungan Sepakbola untuk Wanita

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2015 19:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 11 51 1117178 keuntungan-sepakbola-untuk-wanita-v2v5ZmOz61.jpg Tiffany Roberts membeberkan keuntungan sepakbola untuk wanita (Foto: Orlando Sentinel)

JAKARTA – Legenda sepakbola wanita asal Amerika Serikat (AS), Tiffany Roberts, berkunjung ke Indonesia. Dia pun membeberkan kenapa dirinya bisa terjun ke dalam olahraga yang sejatinya identik dengan laki-laki.

Roberts sendiri adalah mantan bintang Tim Nasional AS yang mengantongi lebih dari 100 caps. Dia ambil bagian dalam tiga edisi Piala Dunia Wanita yaitu 1995, 1999, dan 2003. Prestasinya yang paling mentereng adalah membawa Sam's Army meraih medali emas Olimpiade 1996, dan juara Piala Dunia Wanita 1999.

Usai pensiun sebagai pesepakbola di 2005, Roberts masih berkecimpung di dunia si kulit bundar sebagai pelatih. Kini, dia menjabat sebagai arsitek tim sepakbola wanita University of Central Florida. Bicara sepakbola yang merupakan hal tabu bagi wanita untuk digeluti, sosok berusia 37 tahun ini justru mendapat sejumlah keuntungan.

“Sepakbola tak hanya olahraga, tapi juga mengajarkan saya sebagai wanita sesungguhnya, pemimpin, kerja sama, dan pastinya menjadi panutan yang baik untuk wanita-wanita muda. Sepakbola memberikan saya banyak kesempatan berharga seperti keliling dunia dan mengenal banyak orang,” kata Roberts, saat berbicang dengan wartawan di Kedubes AS Annex, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2015).

Sementara itu, pengenalan sepakbola sejak usia dini menjadi salah satu faktor majunya sepakbola di AS. Anak-anak kecil di sana, terutama yang perempuan, dibiarkan memainkan bola tanpa memikirkan kerumitan sisi teknis.

“Kami tidak peduli dengan kemenangan, kami tidak peduli dengan posisi bermain, kami tidak peduli dengan taktik, tapi yang ditekankan pada anak-anak kecil di sana adalah kecintaan terhadap sepakbola. Baru di usia 13 tahun, Anda bisa lebih fokus mendalami sepakbola,” tukasnya.

(fmh)

BERITA FOTO
+ 5

Akademi Sepakbola Satu Halmahera

Direktur PT Tobelo Global Investama Bachrowi (kiri), Satu Hati (SH) Foundation, Sahrin Hamid (tengah), FIFA Agency Danny Tarus (kedua kanan), Pelatih Julius Kwateh (kedua kiri) dan Pemain asing Sunday Seah (knan) memberi keterangan usai penandatanganan kerjasama di Jakarta, Sabtu (7/3/2015). SH Foundation bekerjasama dengan Danny Tarrus membangun Akademi Sepakbola Satu Halmahera yang bertujuan untuk mencari pemain berbakat di Halmahera Utara untuk direkrut bermain di klub Liga Indonesia maupun luar negeri.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini