nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Talenta Muda Indonesia Menuju Old Trafford

Tri Agung Widy, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2015 00:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2015 03 07 51 1114979 11-talenta-muda-indonesia-menuju-old-trafford-QeG8OYl6Oy.jpg Stadion Old Trafford (foto: AFP)

JAKARTA – Demi mengembangkan bakat bermain sepakbola anak-anak Indonesia, Clear mencanangkan program “Clear Ayo! Indonesia Bisa”. Program yang memberikan akses bagi pesepakbola usia 16-17 tahun untuk mencicipi gelaran pelatihan di markas Manchester United, Old Trafford.

Seperti diketahui, proses seleksi yang dilakukan tim Clear Ayo! Indonesia Bisa sudah dilangsungkan sejak akhir Januari hingga pertengahan Februari 2015 yang melibatkan sejumlah sekolah sepakbola (SSB). Kala itu digelar tahap pertama Secondary City Round yang dibagi menjadi empat regional, yakni DKI Jakarta-Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Tepat di akhir Februari lalu, tahap kedua bertema Province Rounds mulai dilaksanakan di kota Aceh, Jakarta, Bandung, Semarang, Malang dan Jayapura. Kota pertama yang sudah disambangi tim “Clear Ayo! Indonesia Bisa” adalah Aceh pada 28 Februari - 1 Maret.

Kini gelaran tahap kedua akan mulai dilakukan di kota berikutnya, yakni Jakarta bertempat di GOR Soemantri Brodjonegoro, pada 7-8 Maret 2015. Namun untuk kali ini, tahap seleksi pemain bakal dihadiri oleh dua pelatih Manchester United Soccer School (MUSS), Andy Robinson dan Kevin O'Connell guna melihat dengan jelas jalannya seleksi.

"Kami memang sengaja mendatangkan dua pelatih MUSS usia 15-17 tahun, karena ini sangat seusai dengan program kami. Robinson dan O'Connell sudah membuktikan diri sebagai sosok pembibitan pesepakbola muda di kancah internasional," kata Manager Senior Brand Clear, Johan Lie kepada awak media.

Lebih lanjut, Johan meyakini proses seleksi yang dilakukan oleh program ini benar-benar menjadi pekerjaan yang cukup sulit dan rumit. Mengingat dari sekitar 8000 pemain, akan diambil 11 pemain saja untuk diterbangkan dan menjalani pelatihan di Old Trafford selama satu pekan.

"Dari awal seleksi, tim kami sudah melihat banyak sekali talenta-talenta muda di tahap Secondary City Round yang cukup melelahkan bagi kami. Bahkan, saat ini kami masih harus melakukan seleksi kedua di beberapa kota besar melalui kompetisi sejumlah SSB yang berhasil lolos di babak sebelumnya. Hingga akhirnya, pada April (2015) kami akan mengambil 11 pemain terbaik untuk mendapatkan kesempatan menjalani training camp di Inggris (Old Trafford)," sambung Johan.

Sebagai tambahan, dalam kesempatan ini turut hadir pula legenda sepakbola The Red Devils, Andy Cole yang ikut ambil bagian untuk mengamati bakat pesepakbola muda Indonesia. Seleksi di Jakarta dan Malang, menjadi dua kota yang bakal dihadiri sang legenda.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini