nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juve Susah Payah Patahkan Perlawanan La Dea

Reza Jailani, Jurnalis · Sabtu 21 Februari 2015 04:42 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 02 21 47 1108604 juve-susah-payah-patahkan-perlawanan-la-dea-Xg9ROLUpmF.jpg Juventus harus bersusah payah mengamankan tiga poin saat menjamu Atalanta (Foto: Reuters)

TURIN – Juventus sukses mengamankan tiga poin saat menjamu Atalanta dalam lanjutan Serie A 2014-2015 dengan skor 2-1, Sabtu (21/2/2015). Akan tetapi, Bianconeri mendapat perlawanan sengit dari tim tamu sepanjang pertandingan. Atalanta tak segan untuk meladeni permainan menyerang Carlos Tevez cs dan sempat unggul lebih dahulu.

Dengan tambahan tiga poin, sementara ini Juventus unggul 10 poin dari AS Roma di klasifika sementara Serie A. Gialorossi akan menjalani laga tandang kontra Hellas Verona pada Minggu 22 Februari 2015.

Jalannya pertandingan

Babak pertama

Kick off di Juventus Stadium. Bertindak sebagai tuan rumah Bianconeri langsung mengambil inisiatif serangan sejak menit pertama. Permainan kolektif dengan pola 4-4-2 yang dipilih pelatih Massimiliano Allergi hingga menit 10 berhasil mengamankan penguasaan bola.

Akan tetapi, tembok tebal dibangun pertahanan tim tamu. Atalanta praktis menumpuk pemainnya di ujung kotak penalti mereka. Bahkan tim yang dimotori oleh Daniele Baselli di lini tengah itu baru dapat menyerang pada menit 14.

Percobaan pertama dilakukan Fernando Llorente pada menit 19. Andrea Pirlo menyodorkan umpan terobosan yang disambut dengan kontrol penyerang asal Spanyol itu sebelum melepaskan tembakan dan melebar.

La Dea – julukan Atalanta, nyaris membuat Juventini bungkam pada menit 24. Melalui skema serangan balik cepat dengan akselerasi dari German Denis. Bola sempat dapat diantisipasi oleh Pirlo, namun malah jatuh ke Baselli. Sayang usaha calon bintang itu dapat diamankan Buffon dan menghasilkan sepakan pojok.

Gol! Atalanta memimpin di Juventus Stadium pada menit 26. Giulio Migliaccio menyundul bola hasil sepakan pojok Urby Emanuelson. Bola mengenai tiang gawang dahulu sebelum masuk ke gawang.

Bianconeri langsung bereaksi dengan menambah intensitas serangan. Begitu juga Atalanta yang tak mau kalah. Alhasil kedua tim silih berganti melepaskan serangan cepat. Pertandingan semakin menarik.

Keadaan tersebut berlangsung hingga menit 37 sebelum Martin Caceres mendapatkan peluang. Namun usahanya hanya berujung pada tendangan penjuru.

Gol! Fernando Llorente membuat skor kembali imbang. Sepakan pojok Pirlo berujung pada kemelut di dalam kotak penalti. Bola liar jatuh ke kaki Llorente dan menyarangkannya ke gawang Sportiello. 1-1 dengan babak pertama menyisakan lima menit.

Pirlo! Mencetak gol indah dari luar kotak penalti sesaat sebelum turun minum. Pemain berjuluk Il Maestro itu melepaskan tembakan keras kaki kanannya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Sportiello. Dalam tayangan ulang, bola terlihat menyentuh badan pemain bertahanan Atalanta. Gol tersebut sekaligus menutup 45 menit pertama. 2-1 untuk Juventus.

Babak kedua

Lima menit berjalan di paruh kedua, Juve masih mengontrol penguasaan bola. Meski unggul satu gol, tim arahan Allegri ini seperti tak ingin mengambil risiko dengan mencari gol ketiga sekaligus mengakhiri pertandingan.

Pogba nyaris membuatnya m enjadi kenyataan pada menit 54. Gelandang asal Prancis itu berdiri bebas menyambut umpan tarik terukur dari Pereyra dengan sundulan. Akan tetapi Sportiello lagi-lagi melakukan penyelamatan gemilang.

Marchisio terlibat adu mulut dengan Lionel Scaloni. Pemain langganan Timnas Italia itu diganjar kartu kuning oleh wasit setelah mengarahkan kepalanya ke bek asal Argentina tersebut pada menit 55.

Pogba ditarik keluar pada menit 65. Sebagai gantinya, Allegri memasukkan Stephan Lichtsteiner. Pertandingan memasuki menit 70 dengan tempo yang cenderung menurun dibandingkan babak pertama.

Bellini diganjar kartu kuning setelah menghentikan laju Tevez seperti sedang bergulat pada menit 81. Harus berhati-hati karena Atalanta saat ini masih berada di bawah tekanan tuan rumah yang masih giat mencari gol ketiga.

Empat menit tersisa, tim tamu coba memanfaatkan waktu tersisa dengan balik menekan si Nyonya Tua. Beberapa kali sempat merepotkan pertahanan tuan rumah, namun masih sulit menembus Buffon untuk kedua kalinya.

Tambahan empat menit diberikan ofisial wasit. Tevez ditarik keluar dan digantikan oleh penyerang muda asal Prancis Kingsley Coman. Hingga peluit panjang tedengar di Juventus Stadium tak ada perubahan pada papan skor. 2-1 untuk Bianconeri dan menjaga catatan tak terkalah dalam 10 pertandingan Serie A terakhir.

Susunan pemain

Juventus: Gianluigi Buffon; Caceres, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Simone Padoin; Claudio Marchisio, Andrea Pirlo, Paul Pogba (Lichstainer 65’); Roberto Pereyra; Carlos Tevez (Coleman 90’), Fernando Llorente (Morata 74’).

Atalanta: Marco Sportiello; Gianpaolo Bellini, Andrea Masiello, Giulio Migliaccio, Lionel Scaloni; Davide Zappacosta (D’Alessandro 51’), Luca Cigarini, Daniele Baselli (Gomez 83’), Boukary Drame, Urby Emanuelson; German Denis (Boakye 71’).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini