Belajar Mata Kuliah "Cristiano Ronaldo" di Kanada

Pidekso Gentur Satriaji, Jurnalis · Jum'at 06 Februari 2015 20:43 WIB
https: img.okezone.com content 2015 02 06 46 1102558 belajar-mata-kuliah-cristiano-ronaldo-di-kanada-tw9HlrByNq.jpg Ronaldo dipelajari di salah satu universitas Kanada (Foto: reuters)

KELOWNA – Pernah berkeinginan untuk belajar mata kuliah Cristiano Ronaldo? Jika iya, maka salah satu universitas di Kanada, The University of British Columbia Okanagan, adalah jawabannya.

Universitas yang berlokasi di Kelowna, Kanada, itu menyediakan mata kuliah di tahun keempat jurusan sosiologi dengan mempelajari Ronaldo. Ini dilandasi dari kepopuleran dan pengaruh megabintang Real Madrid itu dalam peradaban global.

Luis LM Aguiar, profesor sosiologi di The University of British Columbia Okanagan mengatakan; “Sosiologi bukan apa-apa jika tidak mengkaji proses dari identitas struktur dan mengekspos kekuatan sosial, yang mendorong proses ini,” ucap Agular, seperti dilansir Goal, Jumat (6/2/2015).

“Dalam kasus ini, saya tertarik dengan bagaimana Ronaldo digunakan untuk membangun beberapa wacana tentang siapa dia, apa yang membuatnya berbeda sebagai pesepakbola, apa hubungannya dengan Portugal, Madeira, dan identitas orang-orang Portugal,” lanjutnya.

Ronaldo bukan pemain Madrid pertama yang menjadi subjek dari dalam mata kuliah perguruan tinggi. Staffordshire University di Inggris menawarkan mahasiswanya modul berjudul “David Beckham Studies”. Adapun dalam kasus CR7, mahasiswa akan mempelajari gambaran stereotip Ronaldo dan orang-orang Portugal itu sendiri.

“Konon katanya, Ronaldo mewujudkan fitur dan karakteristik dari kecepatan, kekuatan, kompetitif, etos kerja yang kuat, disiplin, dan kemampuan beradaptasi. Fitur-fitur tersebut juga sangat Portugis, karena orang-orang Portugal yang berada di luar negeri, mereka digambarkan sebagai pekerja keras, disiplin, dan bertekad kuat.”

“Bahkan, sebagai atlet global yang melampaui batas geografis, Ronaldo tidak bisa lepas dari stereotip orang-orang Portugal. Dua kesukaan saya adalah sepakbola dan sosiologi. Kuliah tentang Cristiano Ronaldo memberikan saya kesempatan untuk mengombinasikan dua hal itu.”

(fmh)

BERITA FOTO
+ 7

Cristiano Ronaldo Bawa Madrid Rajai Eropa

James Rodriguez (kanan) mengangkat Piala Super Eropa 2014.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini