Share

Kutukan Barca Berlanjut di Anoeta

Arief Hadi Purwono, Okezone · Senin 05 Januari 2015 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2015 01 05 46 1087771 kutukan-barca-berlanjut-di-anoeta-EGEEOXOf7l.jpg Lionel Messi kali ini tak mampu menyelamatkan timnya dari kekalahan (Foto: Reuters)

SAN SEBASTIAN – 2007, adalah terakhir kali Barcelona menundukkan Real Sociedad di Estadio Municipal de Anoeta. Kutukan itu pun berlanjut hingga tahun 2015 ini, setelah Blaugrana takluk dengan skor tipis 1-0 via gol bunuh diri Jordi Alba di menit pertama.

Barcelona juga gagal mengkudeta Real Madrid yang takluk 1-2 dari Valencia di pertandingan sebelumnya. Satu-satunya yang dapat mengambil keuntungan, adalah juara bertahan Atletico Madrid yang menang 3-1 dari Levante.

Babak Pertama

Luis Enrique tak memainkan Lionel Messi dan Neymar di daftar starter yang baru kembali ke Barcelona Jumat kemarin dari libur paruh musim. Sebagai gantinya, ia memainkan Munir El Haddadi dan Pedro Rodriguez.

Posisi Danny Alves juga digantikan oleh Martin Montoya yang kerap kali dihubung-hubungkan dengan Juventus. Di tengah, tiga β€œmenara” Barcelona bermain bersama. Yakni Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets.

Tuan rumah yang menurunkan pemain terbaiknya, langsung mencetak gol cepat saat laga baru berjalan semenit. Dari sepak pojok, Sergio Canales mengirim bola ke kotak penalti Barcelona. Namun bola mengenai Jordi Alba yang menanduk bola ke gawangnya sendiri, 1-0 untuk Sociedad.

Barcelona langsung mengurung pertahanan tuan rumah setelah gol tersebut, namun hingga menit 20. Xavi dkk belum mampu merobek jala gawang Sociedad yang dikawal Jeronimo Rulli.

Canales! Berhasil mengelabui Montoya di menit 36, ia mampu membuat Claudio Bravo meninju bola untuk sepak pojok. La Real mengejutkan Barcelona via serangan balik, namun hingga turun minum skor 1-0 untuk Sociedad tetap bertahan.

Babak Kedua

Stagnan di babak pertama, Enrique bergerak cepat dengan memasukkan Messi di awal babak kedua menggantikan Munir yang tak mampu bertindak banyak di paruh awal pertama.

Sociedad mulai percaya diri menyerang pertahanan Barcelona guna menambah pundi golnya hingga menit 62 ini, tapi serangan yang dibangun belum membuahkan hasil. Sementara Barcelona perlahan membangun serangan, Messi tetap menjadi pusat serangan tim.

Seluruh pergantian sudah dilakukan Enrique dengan menurunkan Neymar dan Alves, namun hingga menit 76. Barcelona belum mampu mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menghadapi tembok yang dibangun para pemain Sociedad.

Laga menyisakan 10 menit pertandingan, Sociedad mati-matian mempertahankan keunggulan tipis tersebut dengan menumpuk pemain di pertahanan alias parkir bus. Strategi itu pun berhasil, dan kemenangan 1-0 Sociedad itu meneruskan kutukan Barcelona di Anoeta.

Susunan Pemain:

Real Sociedad: Jeronimo Rulli, Carlos Martinez, Ansotegi, Inigo Martinez, De La Bella, Esteban Granero, Markel Bergara, Gonzalo Castro (Alfredh Finnbogason 66’), Sergio Canales (Yuri 90+3’), Xabi Prieto, Carlos Vela (Ruben Pardo 89’)

FC Barcelona: Claudio Bravo, Martin Montoya, Javier Mascherano, Jeremy Mathieu (Dani Alves 70’), Jordi Alba, Xavi Hernandez, Sergio Busquets, Andres Iniesta, Munir El Haddadi (Lionel Messi 46’), Luis Suarez, Pedro Rodriguez (Neymar 58’)

Hasil pertandingan lain La Liga pekan ke-17:

Atletico Madrid 3-1 Levante

Sevilla 1-0 Celta de Vigo

Elche 2-2 Villareal

Deportivo La Coruna 1-0 Athletic Club Bilbao

Malaga 1-2 UD Almeria

Getafe 1-2 Rayo Vallecano

Valencia 2-1 Real Madrid

Espanyol 1-2 Eibar

Follow Berita Okezone di Google News

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini