Milan Takluk di Tangan Eks Pemainnya

Tri Agung Widy, Jurnalis · Minggu 07 Desember 2014 23:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 12 07 47 1075901 milan-takluk-di-tangan-eks-pemainnya-fT7NL4r80g.jpg Milan Takluk di Tangan Eks Pemainnya (Foto: Reuters)

GENOVA –Tren kemenangan AC Milan harus terhenti di tangan Genoa, pada laga giornata ke-14 Serie A, Minggu (7/12/2014) setelah takluk 1-0. Ironisnya satu gol yang dilesakkan ke gawang Diego Lopez adalah tandukan Luca Antonelli, yang merupakan mantan punggawa I Rossoneri.

Jalannya pertandingan

Babak Pertama

Kick off! Bertandang dengan modal kemenangan 2-0 atas Udinese, para pemain AC Milan tampak begitu percaya diri dalam mengambil alih irama permainan sejak menit awal. Namun Genoa yang bermain sebagai tuan rumah tak tinggal diam, mereka langsung menerapkan pressing ketat.

Perputaran bola lebih banyak dimainkan di lini tengah. Dengan dimotori Keisuke Honda Milan masih menemui kesulitan dalam membongkar pertahanan tuan rumah. Sementara Genoa juga tak jauh berbeda, skuad asuhan Gian Piero Gasperini itu masih mencari bentuk permainan terbaiknya.

Kans pertama Milan terjadi di menit ke-19. Umpan silang tajam Pablo Armero dari sisi kiri mengarah langsung ke kotak penalti Genoa. Namun sayang kiper tuan rumah, Mattia Perin masih dapat mengantisipasi datangnya bola dan ditangkap dengan baik.

Kali ini giliran Jeremy Menez yang mencoba perntungannya di menit 26, berawal dari solo run yang dilakukan pemain asal Prancis itu. Beruntung bagi Genoa, tembakannya di depan mulut gawang masih bisa ditangkap dengan baik oleh Perin.

Genoa membalas serangan dua menit berselang. Bermula dari serangan balik cepat, Alessandro Matri yang sudah berdiri di depan garis penalti Milan berhasil menguasai bola. Sayang akibat terlalu lama memegang bola, peluang tersebut masih bisa digagalkan oleh Daniele Bonera.

Gol! Akhirnya sejumlah ancaman Genoa berhasil membuahkan angka pertama di papan skor pada menit 32. Berawal dari eksekusi tendangan sudut, Luca Antonelli yang melompat lebih tinggi di dalam kotak penalti Milan, akhirnya mampu menceploskan bola ke gawang Diego Lopez. 1-0 Genoa unggul.

Tertinggal satu gol, Milan langsung menaikkan intensitas serangan. Kali ini Giacomo Bonaventura yang menerima umpan terobosan dari Nigel de Jong, berhasil menguasai bola dengan sangat baik. Melewati dua bek lawan, tendangan mantan pemain Atalanta itu lagi-lagi masih bisa ditangkap Perin.

Memasuki menit ke-40 penjaga gawang Genoa, Perin benar-benar membuat pemain I Rossoneri frustasi. Sejumlah ancaman yang dilancarkan tidak mampu menembus jala gawang yang dijaganya.

Praktis hingga peluit tanda waktu turun minum dibunyikan, keunggulan 1-0 untuk Genoa tetap tak berubah. Jika ingin meneruskan tren kemenangan Milan harus dapat mengejar ketertinggalan di babak kedua.

Babak kedua

Interval kedua kembali bergulir. Meski dalam posisi unggul Genoa tampak tidak mengendurkan serangan, dan mereka tetap menerapkan pressing ketat sejak bola dipegang pemain bertahan Milan.

Strategi tersebut cukup jitu, pasalnya skuad besutan Filippo Inzaghi masih sulit keluar dari tekanan yang bertubi-tubi. Sebaliknya, serangan I Rossoneri selalu bertumpu pada serangan balik yang dilancarkan Menez dan Stephan El Shaarawy.

Peluang matang Genoa lagi-lagi hadir dari kaki Antonelli. Tepatnya di menit 60, berawal dari servis tendangan bebas yang ditandukan Matri. Bola yang justru menjadi liar, mendarat tepat ke kaki Antonelli. Sayang tendangan kerasnya masih bisa ditangkap Lopez.

Kalah dipertarungan lini tengah, Inzaghi mencoba melakukan penyegaran dalam skuadnya. Ia menarik Ricardo Montolivo dengan memasukan Andrea Poli. Sang allenatore pun terlihat begitu camas di pinggir lapangan, sembari memotivasi anak-anak asuhannya.

Memasuki menit 70 Milan tampak mulai mendominasi penguasaan bola, di mana mereka mulai menekan tuan rumah dengan begitu deras. Sementara Genoa justru lebih banyak menunggu dan melakukan serangan balik, ketika bola berhasil dicuri.

Benar saja, Facundo Roncaglia yang merupakan pemain bertahan Genoa berusaha membantu serangan balik di menit ke-77. Namun, usaha sang pemain dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti masih melambung tinggi di atas mistar Lopez.

10 menit waktu normal berakhir Milan masih dalam kebuntuan, untuk menembus rapatnya pertahanan tuan rumah. Masuknya Giampaolo Pazzini yang mengantikan Honda tidak berdampak banyak sejauh ini.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan sang pengadil lapangan, skor tetap statis alias tidak berubah. Kemenangan tipis 1-0 Genoa berhasil membawa klub asal kota Genova itu merangsek naik ke peringkat tiga dalam klasemen. Pasalnya dilaga sebelumnya Napoli hanya bermain imbang 2-2 dengan Empoli.

Susunan pemain

Genoa: Perin; Roncaglia, De Maio, Marchese; Edenilson, Bertolacci, Sturaro, Antonelli; Perotti, Alesandro Matri (Mauricio Pinillia 81’), Iago

AC Milan: Diego Lopez; Bonera, Rami, Mexes, Armero; Montolivo (Andrea Poli 62’), De Jong, Bonaventura; Keisuka Honda (Giampaolo Pazzini 70’), Menez, El Shaarawy.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini