Comeback Dramatis Bayern Tambah Penderitaan Dortmund

Arief Hadi Purwono, Jurnalis · Minggu 02 November 2014 02:46 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 02 48 1059918 comeback-dramatis-bayern-tambah-penderitaan-dortmund-9GWiEXzPJc.jpg Bayern Munich menang 2-1 atas Borussia Dortmund (Foto: Reuters)

MUNICH – Bayern Munich menjadi raja Der Klassiker dan menambah penderitaan Borussia Dortmund, setelah mereka menang 2-1 di Allianz Arena. Kemenangan menjadi spesial karena Die Roten bangkit dan unggul, setelah tertinggal via gol Marco Reus di babak pertama.

Namun di babak kedua, Bayern yang mendominasi permainan mampu menyamakan kedudukan melalui Robert Lewandowski. Sebelum akhirnya ditutup oleh gol penalti Franck Ribery yang menjadi ancaman, sejak masuk menggantikan Mario Gotze.

Babak Pertama

Poin dan posisi Bayern Munich terpaut jauh dari Borussia Dortmund yang ada di peringkat 17 atau zona degradasi dengan tujuh poin. Meski begitu, Josep “Pep” Guardiola tetap melihat laga Der Klassiker ini sebagai laga penting.

Ia pun menurunkan susunan pemain terbaiknya. Termasuk dua di antaranya merupakan mantan pemain Dortmund, mereka adalah Mario Gotze dan Robert Lewandowski. Arjen Robben yang cedera pun kembali masuk skuad utama Pep.

Pun begitu Jurgen Klopp. Pelatih Dortmund itu menurunkan Pierre Erick Aubameyang sebagai penyerang tunggal dan mencoba memanfaatkan kecepatannya, dalam membangun serangan maupun serangan balik. Ia ditopang oleh Marco Reus-Shinji Kagawa-Henrikh Mkhitaryan.

Laga baru berjalan lima menit. Peluang langsung dilancarkan tim tuan rumah, Philipp Lahm melakukan operan satu-dua dengan Robben, winger Belanda itu pun melakukan sepakan keras dengan kaki kirinya. Beruntung Roman Weidenfeller dapat menepis tendangan tersebut.

Tiga menit berselang, ganti Dortmund melakukan serangan. Adalah Mkhitaryan yang menunjukkan kualitasnya dengan menggiring bola dan melakukan sepakan keras, sayang bola tendangannya juga hanya menerpa mistar gawang Manuel Neuer.

Kedua tim silih berganti melakukan serangan, kali ini Thomas Muller yang mendapatkan kesempatan tersebut di menit 13. Mendapatkan umpan lambung Jerome Boateng yang maju ke depan, tendangan Muller yang onside hanya melebar di sisi kiri gawang Dortmund.

Robben lagi-lagi membuat peluang di menit 23. Ia melakukan pergerakan yang menjadi ciri khasnya, dengan membawa bola merangsek ke pertahanan Dortmund, dan melakukan tendangan dengan kaki kirinya. Namun Weidenfeller kembali menepisnya.

Reus! Publik Allianz Arena terdiam di menit 30. Serangan balik kilat yang dikhawatirkan Pep benar terjadi, berawal dari kecepatan Aubameyang di sisi kiri pertahanan Bayern. Bola diumpan ke dalam kotak penalti dan Reus menanduk bola tersebut tepat di pojok kanan gawang Neuer. 1-0 Dortmund unggul, dan serangan terbangun dengan baik.

Kali ini Robben terlalu ‘asyik’ membawa dan mendribel bola di menit 39. Padahal sejatinya ada Lewandowski yang berdiri bebas, namun ia memilih membawa bola sendiri dan justru menendang dalam posisi terkawal bek lawan. Tak ada peluang lagi hingga akhir babak pertama, dan skor 1-0 bertahan untuk keunggulan Dortmund

Babak Kedua

Pergantian dilakukan Klopp dengan mengganti kapten Hummels dengan Neven Subotic. Belum jelas bek tangguh Jerman itu cedera atau tidak. Namun di awal babak kedua, Bayern tetap memainkan penguasaan bola yang menjadi ciri khas Pep.

Apes buat Lewandowski di menit 51. Seperti tak ditakdirkan mencetak gol ke gawang mantan klubnya itu, ia gagal mencetak gol meski tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Weidenfeller. Tendangan striker Polandia itu dapat dihalau kaki Weidenfeller.

Menit menujukkan angka 65, namun Dortmund membuat pertahanan berlapis di depan Weidenfeller. Penguasaan bola Bayern pun seakan percuma, karena mereka tak dapat melakukan penetrasi tajam yang mengancam pertahanan tim tamu.

Apa yang dikhawatirkan fan Dortmund pun terjadi di menit 71. Mantan penyerang kesayangan mereka, Lewandowski mencetak gol setelah menerima umpan terukur Franck Ribery yang baru masuk menggantikan Mario Gotze. Skor pun kini sama kuat, 1-1.

Malapetaka terjadi untuk Dortmund lima menit sebelum laga usai. Lagi-lagi Ribery yang memberikan ancaman sejak ia masuk menggantikan Gotze, Subotic melanggarnya di kotak penalti dan Bayern pun diberi hadiah penalti oleh wasit.

Robben yang ditunjuk sebagai eksekutor, menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ia mencetak gol ke pojok kanan gawang Dortmund dan membuat Weidenfeller menjatuhkan diri ke arah berlawanan.

Bayern pun mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1 dan bangkit dari keadaan tertinggal. Kini Lahm dkk kokoh di puncak klasemen dengan 24 poin, sementara Dortmund berada di zona degradasi peringkat 16 dengan tujuh poin.

Susunan Pemain:

Bayern Munich: Manuel Neuer, David Alaba, Jerome Boateng, Mehdi Benatia, Juan Bernat, Xabi Alonso, Philipp Lahm, Arjen Robben, Mario Gotze (Franck Ribery 68’), Robert Lewandowski, Thomas Muller (Claudio Pizzaro 80’)

Borussia Dortmund: Roman Weidenfeller, Lukasz Piszczek, Sokratis Papastathopoulos, Mats Hummels (Neven Subotic 46’), Erik Durm, Sebastian Kehl, Sven Bender, Henrikh Mkhitaryan, Shinji Kagawa (Kevin Grosskreutz), Marco Reus, Pierre Erick Aubameyang (Adrian Ramos 80’)

Berikut hasil laga lainnya:

Mainz 05 1-2 Werder Bremen

Hannover 96 1-0 Eintracht Frankfurt

VFB Stuttgart 0-4 VFL Wolsburg

Hamburger SV 1-0 Bayer Leverkusen

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini