Share

Sensasi Okazaki di Bundesliga

A. Firdaus, Okezone · Senin 29 September 2014 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 09 29 418 1045827 9IKhwkRCb9.jpg Shinji Okazaki (foto: Reuters)

NEGERI Matahari Terbit memang tak pernah kehabisan pemain untuk memproduksi talenta-talentanya di Benua Eropa. Setelah Keisuke Honda di Serie A yang menjadi andalan AC Milan. Kini satu nama lagi muncul di ajang Bundesliga.

 

Shinji Okazaki, nama itu mendadak jadi buah bibir setelah tengah pekan lalu mencetak rekor sebagai pemain Jepang paling produktif yang bermain di Bundesliga. Pemain internasional Jepang itu berhasil memimpin daftar top skor Bundesliga musim ini dengan lima gol untuk klubnya, FSV Mainz.

 

Meski pada akhir pekan ini dia tak menambah pundi-pundi golnya, namun dia tetap berada di posisi teratas sebagai pimpinan topskorer Liga Jerman itu. Aksinya dengan membuat dua gol kemenangan Mainz 3-1 atas Hertha Berlin pada 13 September silam, serta sebuah gol saat di midweek melawan Eintracht Frankfurt membuat dirinya telah mencetak 29 gol selama berkarier di Jerman.

 

Rekor yang membuat pendahulunya, Yasuhiko Okudera harus puas berada di posisi kedua sebagai pemain Jepang paling produktif di Jerman dengan mengoleksi 26 gol.

 

"Itu rekor yang membuat saya sangat bangga. Tak mudah menancapkan kuku di Eropa, dan ini juga tak selalu mudah buat saya. Saya sangat ingin meningkatkan rekor tersebut, dan rekor gol pemain Jepang di Bundesliga," tutur Okazaki usai menghadapi Hertha beberapa waktu lalu.

 

Untuk mencapai kesuksesan tersebut, bukan perkara mudah bagi Okazaki. Sejak datang ke negeri Bavaria, pemain bertinggi 174 cm itu sempat merasakan paceklik gol ketika bermain bersama VfB Stuttgart. Sejak menginjakkan kaki di Jerman pada 30 Januari 2011, Okazaki hanya bisa mencetak 10 gol dalam 63 laga yang dijalaninya bersama Stuttgart.

 

Namun jebolan Shimizu S-Pulse itu, kini seakan telah menunjukkan ketajamannya sejak direkrut Mainz pada 1 Juli 2013. Dari 31 laga Bundesliga musim lalu, dia sudah mencetak 15 gol. Sedangkan dalam lima pertandingannya musim ini, sudah lima gol ia sarangkan ke gawang lawan. Dari lima gol tersebut, empat gol di antaranya berasal dari kaki kanannya. Sedangkan sisanya dari kaki kiri.

 

Secara keseluruhan, nama Okazaki menjadi paling popular di antara para pemain Jepang lainnya musim ini. Tercatat Negeri Nippon punya 12 pemain yang meramaikan Bundesliga. Itu menjadikan mereka negara pengekspor pemain terbesar keempat ke liga ini, setelah Swiss, Austria, dan Brasil.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini