nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bangkitkan Sepakbola Wanita, PSSI Gelar Pertiwi Cup

Anang Fajar Irawan, Jurnalis · Jum'at 12 September 2014 20:40 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 09 12 51 1038424 dVycJOAmyk.jpg Suasana pembukaan Pertiwi Cup 2014 (Foto: Anang Fajar Irawan/Okezone)

JAKARTA – Sebagai langkah nyata untuk membangunkan kembali sepakbola wanita di Indonesia, PSSI selaku badan otoritas tertinggi sepakbola Tanah Air, menggelar turnamen sepakbola kaum hawa yang bertajuk Pertiwi Cup.

 

Turnamen ini diselenggarakan kembali setelah terakhir kali diadakan pada tahun 2010. Tak mau terlalu lama mati, PSSI pun sadar akan pentingnya perkembangan sepakbola wanita. Menggunakan format 2x30 menit, kompetisi ini diikuti oleh diikuti 14 tim dari 12 Asosiasi Provinsi (Asprov).

 

Papua menyumbangkan tiga tim diwakili oleh Papua Barat, Papua dan Papua 2. Yogyakarta, Jakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat masing-masing mengirimkan dua tim. Dan sisanya adalah Jawa Timur, Riau, Banten, serta Bangka Belitung yang masing-masing diwakili satu tim.

 

Pertiwi Cup diresmikan pada Jumat, 12 September di Lapangan C Senayan, dan puncaknya akan berakhir 21 September mendatang. Pertiwi Cup diharapkan komite eksekutif sepakbola bidang kewanitaan, Tony Apriliani, dapat menghidupkan kembali semangat akan sepakbola wanita di Indonesia.

 

"Ini merupakan langkah akselerasi untuk mengejar ketertinggalan sepakbola wanita. Sudah empat tahun vakum, dan Pertiwi Cup ini akan jadi momentum yang baik," kata mantan ketua Asprov Jawa Barat tersebut saat memberi sambutan.

 

Tony pun mengharapkan peserta Pertiwi Cup akan terus bertambah tiap tahunnya, dan bisa jadi sarana memantau bakat sepakbola wanita di daerah-daerah.

 

"Selamat bertanding! Tidak hanya mengharapkan lahirnya juara, tapi bisa juga memotret pembinaan sepakbola di daerah. Semoga bakal lebih banyak lagi yang akan berpartisipasi tahun depan," harap Tony.

 

Ajang ini juga diharapkan bisa jadi titik awal pembentukan timnas Indonesia wanita untuk menuju SEA Games 2015, di mana regulasi umur di Pertiwi Cup adalah 17-25 tahun.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini