nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

FU Indonesia Tundukan Malaysia

Alfa Mandalika, Jurnalis · Minggu 15 Juni 2014 01:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2014 06 15 51 998969

KUALA LUMPUR - Frenz United Indonesia (FU Indonesia) berhasil meraih poin penuh pada laga away di Malaysia dalam lanjutan pertandingan Asia Champions Trophy U16 2014 Grup A.

Menghadapi pemuncak klasemen sementara di grup A Tim Nasional Malaysia U16 (Harimau Muda Malaysia), FU Ina menang tipis 1-0 melalui gol yang diciptakan oleh pemain benomor punggung 8 Dodi Al Fayed pada menit ke 69.

Proses terjadinya gol Dodi tersebut juga tergolong cantik, menerima sodoran pendek dari Amin Rais (8), Dodi kemudian mengontrol bola sebelum melepaskan sepakan keras dari jarak sekitar 40 meter. Inisiatif Dodi untuk melepaskan tendangan keras jauh di luar kotak pinalti, tentu tidak disangka sangka oleh pemain lawan, termasuk kiper mereka. Bola meluncur deras menghujam pojok kiri atas gawang Malaysia.

Setelah lahirnya gol pertama tersebut, Malaysia seakan terbangun ingin sesegera mungkin menyamakan kedudukan. Berselang 10 menit kemudian, Harimau Muda memperoleh peluang dari sisi kiri pertahanan FU Ina. Tendangan keras dari sudut sempit yang langsung mengarah ke gawang FU Ina yang dikawal Ade Candrasena, masih melayang tipis dibatas mistar gawang.

FU Indonesia sendiri seharusnya memperoleh hadiah penalti, saat striker Fernando yang tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Malaysia di kotak terlarang, terjatuh saat ditackling dari belakang oleh pemain belakang Harimau Muda, namun wasit asal China mengabaikannya, dan justru memberikan tendangan gawang pada Malaysia.

Praktis setelah itu, FU Ina tinggal sesekali mengancam gawang Malaysia melalui serangan balik cepat dari sisi kanan yang mengandalkan kecepatan Risman. Kerja sama cantik trio Amin Rais, Fernando, dan Risman seringkali mampu menembus pertahanan Malaysia hingga kedalam kotak penalti.

Harimau Muda sendiri juga memperolah 4 pelung emas lainnya sepanjang babak kedua, dua diantaranya bahkan nyaris berbuah gol, salah satunya membentur mistar gawang, sementara satu lainnya berhasil ditepis oleh Ade Candra.

FU Indonesia memang tampil kesetanan. Mereka tampil dengan penuh percaya diri dan keyakinan yang sangat tinggi, jauh berbeda dengan penampilan mereka di empat penampilan sebelumnya.

Mereka tidak ciut sedikitpun meski yang dihadapi adalah tim nasional Malaysia yang pernah menggagalkan mimpi tim nasional Indonesia U16 pada final Piala AFF U16 di Vietnam tahun lalu.

Kemenangan tersebut praktis mengangkat posisi FU Ina pada klasemen grup A. Saat ini anak-anak asuhan Encang Ibrahim ini menempati posisi ketiga menggeser Timnas Timor Leste yang turun ke peringkat keempat setelah sore ini juga menderita kalah dalam laga kandang di Dili oleh Vietnam.

FU Ina telah menuntaskan 5 laga, meraih 3 kemenangan dan menderita 2 kekalahan dengan nilai 9. Masih berada di bawah Harimau Muda Malaysia dan PVF Vietnam yang masing-masing meraih poin 13 dan 10.

Menurut Encang Ibrahim, paska kemenangan yang luar biasa sore ini, Tim Pelatih akan tetap mengevaluasi, agar pada laga-laga selanjutnya Dodi Cs tetap bermain pada level seperti permainan hari ini. "Kita harus memberikan yang terbaik untuk Indonesia. Jika anak-anak mampu bermain sebaik hari ini, maka impian menjadi juara bukan isapan jempol semata", ujar pria asal Jawa Barat tersebut.

Selanjutnya FU Ina akan memainkan laga kandang di Std Singaperbangsa Karawang pada tanggal 21 Juni 2014, sebelum kemudian kembali melakoni partai away lainnya ke Timor Leste.

(asm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini