Game Over, Reds!

Randy Wirayudha, Jurnalis · Minggu 11 Mei 2014 22:47 WIB
https: img.okezone.com content 2014 05 11 45 983471 oBXU9XE2E3.jpg Walau menang 2-1 atas Newcastle, Liverpool tetap gagal juara Premier League musim ini (Foto: Phil Noble/REUTERS)

LIVERPOOL – Usai sudah pergulatan Liverpool musim ini di Premier League. Menjamu Newcastle United di matchday terakhir, The Reds harus terima menutup kampanye nan impresif tanpa mahkota gelar walau menang 2-1 atas The Toon Army.

Jalannya Pertandingan

Tempo permainan berjalan intensif sejak dibunyikannya kick-off, tapi klimaks tekanan baru hadir di menit ke-18 lewat tendangan bebas Luis Suárez yang sedianya mampu melesakkan bola ke jaring gawang tim tamu.

Sial! Wasit Philip Dowd menganulir gol Suárez dengan menganggap tendangan bebas yang dilakoninya tidak sah lantaran belum diawali bunyi peluit dari sang pengadil. Suárez pun gigit jari.

Martin Škrtel! Bek tuan rumah ini mengubah papan skor stadion Anfield, 1-0 dua menit berselang. Nahasnya, Škrtel mencetak gol untuk Newcastle – alias membuat gol bunuh diri.

Berniat meng-intercept umpan silang Yoan Gouffran, bola yang justru membentur lutut Škrtel mengalirkan bola ke jaring gawang sendiri, tanpa bisa diselamatkan Simon Mignolet. The Magpies memimpin, 1-0.

Setelah kejebolan, The Reds malah nampak tertekan. Menit ke-27, datang lagi peluang emas tim tamu memperlebar kedudukan via through-pass Moussa Sissoko yang coba diteruskan Gouffran. Kali ini finishing Gouffran kandas berkat kecemerlangan Mignolet yang keluar dari sarangnya.

Liverpool baru bisa balik mengancam lagi di menit 40 saat Jordan Henderson, melayangkan crossing untuk Daniel Sturridge di jantung pertahanan Newcastle. Sayang, tandukan Sturridge yang sambil melompat tak terkawal malah menyamping. Tiba turun minum, tim tamu tetap unggul 1-0.

The Kop coba mencuri inisiatif sejak dimulainya paruh kedua dan Raheem Sterling, menuai peluang pertama dengan tembakan mendatarnya. Namun, arah bola Sterling di menit ke-48 masih belum menemui sasaran.

Daniel Agger! Bek asal Denmark yang maju membantu serangan ini menyamakan skor di menit ke-63. Menerima umpan tendangan bebas Steven Gerrard, Agger menyontek bola masuk dari tiang jauh.

Skor 1-1 tak bertahan lama lantaran dua menit berselang dari skema yang hampir mirip, Sturridge membalikkan kedudukan, 2-1. Harapan Liverpool masih ada setelah Sturridge, menyambar bola umpan Gerrard yang lagi-lagi dari bola mati. Tim Krul harus memungut bola untuk kedua kalinya dalam kurun waktu tiga menit.

Newcastle mesti menelan kerugian dengan dikeluarkannya Shola Ameobi di menit ke-66. Akibat berseteru dengan wasit dan nampak mengeluarkan kata-kata tak pantas, Ameobi dikenai dua kali kartu kuning sebelum memulai kick-off usai gol Sturridge.

Lagi, tim tamu kehilangan satu pemainnya di lapangan. Menit ke-87, Paul Dummet yang baru enam menit masuk menggantikan Tioté, didamprat kartu merah langsung usai melanggar Suárez dengan kasar.

Sampai wasit meniup peluit panjang, tak ada gol lagi tercipta dan skor 2-1 untuk Liverpool bertahan sampai laga bubar. Meski begitu, Game Over buat Liverpool dalam perburuan gelar mereka.

Merseyside Merah haru biru di Anfield dan harus puas mengakhiri musim ini tanpa titel Premier League. Pasalnya di laga lain, Manchester City sanggup menang 2-0 atas West Ham United. Dengan selisih dua poin di puncak klasemen, The Citizens-lah yang mengklaim gelar liga.

Susunan Pemain

Liverpool: Simon Mignolet, Glen Johnson, Daniel Agger, Martin Škrtel, Jon Flanagan/Aly Cissokho (46’), Steven Gerrard, Joe Allen/Philippe Coutinho (59’), Jordan Henderson, Raheem Sterling, Luis Suárez, Daniel Sturridge/Lucas Leiva (80’).

Newcastle United: Tim Krul, Fabricio Coloccini, Mathieu Debuchy, Steven Taylor/Luuk de Jong (72’), Mike Williamson, Massadio Haïdara, Cheikh Tioté/Paul Dummet (81’), Moussa Sissoko, Vurnon Anita, Shola Ameobi, Yoan Gouffran/Sammy Ameobi (78’).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini