nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aqua DNC Turut Perhatikan Kualitas Kepelatihan

Firdaus Kresna Putra, Jurnalis · Sabtu 03 Mei 2014 16:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2014 05 03 51 979589 ZNWY2QDhHD.jpg Brand Manager Aqua Danone, Gistang Panutur bersama Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago dalam acara coaching clinic di Jakarta (Foto: Aqua DNC)

JAKARTA- Tak hanya menyelenggarakan kompetisi sepakbola usia dini, kini Aqua Danone Nations Cup (DNC) juga menggelar coaching clinic untuk pelatih sekolah sepakbola di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas kepelatihan mereka dalam membina pemain usia muda.

Dalam coaching clinic, Aqua DNC menggandeng pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Mantan arsitek Timnas Indonesia ini akan memberikan kepelatihan khusus selama dua hari pada 3-4 Mei 2014 di Gor Pertamina Simprug, Jakarta.

Babak regional turnamen usia dini Aqua DNC telah usai digelar pada Januari-April 2014. Sekira 100 ribu anak yang berusia di bawah 12 tahun turut serta dalam acara yang sudah digelar sejak 2003 itu.

Hasilnya, sebanyak 16 tim bakalan bersaing untuk menjadi juara di babak final nasional yang akan berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Sebelum babak final nasional digelar, Aqua DNC mengadakan pelatihan untuk pelatih SSB yang bakal bersaing untuk menjadi wakil Indonesia di Aqua DNC Brasil 2014, pada November mendatang.

"Kami sadar sejak dari London lalu, bahwa pelatih mempunyai peran yang penting. Oleh karena itu, mulai tahun ini kami menyentuh pelatih. Sebanyak 16 tim pemenang bakal mendapatkan coaching clinic dari Jacksen F. Tiago," ungkap Brand Manager Aqua Danone, Gistang Panutur, di Hotel Patra Jasa, Jakarta, Sabtu (3/5/2014).

Mengenai pentingnya peran pelatih dalam perkembangan usia dini, juga ditegaskan oleh Jacksen, pelatih Persipura Jayapura yang ditunjuk menjadi staf pelatih DNC tahun ini.

"Peran pelatih untuk pembinaan usia dini sangat vital. Yang diajarkan oleh pelatih tak cuma sekadar teknik, tapi juga kedisiplinan, karakter, dan semangat pantang menyerah, dengan begitu merekabtidak hanya piawai bermain bola, tapi juga menjadi pribadi Indonesia yang berkarakter baik dan mulia," ungkap Jacksen di pembukaan acara media breifing coaching clinic Aqua DNC.

Dengan mengikuti Coaching Clinic ini, Jacksen berharap peserta yang terdiri dari guru olahraga dan pelatih sepakbola dapat meneruskan ilmu dan kepelatihan teknik-teknik dasar sepakbola. Tentunya teknik yang disarankan bagi pemain usia dini dengan benar khususnya kepada generasi muda yang mereka latih.

Dalam pelatihan ini, para pelatih juga berkesempataan untuk berkonsultasi langsung mengenai kendala yang biasa mereka hadapi di lapangan pada saat mereka melatih pemain-pemain muda. Selain diikuti oleh pelatih dari 16 pelatih SSB peserta Aqua DNC, acara coaching clinic kali ini juga diikuti oleh sejumlah guru SD yang merupakan binaan Yayasan Cahaya Guru.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini