nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bocah Ajaib Indonesia, Diklaim Punya Bakat Seperti Messi

Yoanes Lita, Jurnalis · Minggu 16 Maret 2014 17:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 03 16 51 955864 VZ1w6KbFfC.jpg Lionel Messi (Foto: Reuters)

POSO - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso mengaku menemukan sesosok bocah ajaib yang memiliki kemampuan dan skill individu menyerupai megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Bocah yang dimaksud Aji itu bernama Rayhan Qalbu. Bocah berusia 12 tahun ini berasal dari Poso, Sulawesi Tengah. Ditemui di rumahnya yang sederhana di Kelurahan Lawanga, Kecamatan Poso Kota, Rayhan tak ubahnya seperti anak anak pada umumnya yang suka bermain bersama anak anak lainnya.

Tapi satu hal yang khusus dari bocah yang masih duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar ini adalah, setiap sore ia selalu memiliki aktifitas bermain sepakbola. Tentu saja, untuk bermain sepakbola itu Rayhan tidak ketinggalan untuk menggunakan baju kesayangannya yang menyerupai seragam kesebelasan Barcelona bernomor punggung 10 yang identik dengan Messi.

Kebetulan, Rayhan yang merupakan anak tunggal dari pasangan Ridwan (41) dan Rutfiah Mangun (32) ini juga sangat mengidolakan Messi. Diakui orang tuanya, Rayhan yang baru merayakan ulang tahun ke-12 pada 9 Maret 2014 lalu itu selalu menyaksikan penampilan Messi bersama Barcelona.

“Jam berapapun pertandingan Barcelona di TV, dia selalu menonton. Dia juga memasang jam weker agar bisa terbangun untuk menonton pertandingan yang disiarkan dini hari. Khususnya menyaksikan permainan Messi,” tutur Ridwan.

Untuk bermain bola, Rayhan selalu bersama teman temannya memanfaatkan halaman sekolah ataupun di lapangan gedung olah raga Poso. Di lapangan gedung olahraga Poso,Rayhan memperlihatkan kemampuan dalam menggiring dan mengoper bola. Meskipun berbadan mungil, bocah ini terlihat gesit saat menggiring bola dan kemudian melepaskan tembakan ke arah gawang.

Rayhan mulai menyukai bermain bola sejak ia masih duduk di bangku kelas 3 SD. Tidak ada pelatihan khusus yang didapatkan soal teknik bermain bola yang menurutnya lebih banyak dipelajarinya dari permainan Messi yang disaksikannya di layar kaca.

Sang Ibu, Rutfiah Mangun mengaku tidak pernah menyangka bila putra tunggalnya itu akan disebut sebagai bocah ajaib oleh Aji Santoso, terlebih secara postur tubuh rayhan lebih kecil dibandingkan rekan- rekan sebayanya. Menurut rencana, Rayhan akan kembali ke Malang pada Mei 2014, untuk menjalani pembinaan di akademi sepakbola Asifa, pimpinan Aji Santoso.

Sang ibu berharap, keberadaan anaknya yang disebut bocah ajaib dengan kemampuan individu layaknya Messi akan mengharumkan nama Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sekaligus menunjukkan bahwa anak anak di Poso pun suka bermain sepakbola.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini