nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stadion Bertaraf Internasional di Balikpapan, Diprediksi Tuntas Awal 2016

Amir Sarifudin , Jurnalis · Sabtu 15 Maret 2014 00:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2014 03 14 51 955394 Hyt4xmJxrs.jpg Gambaran Stadium Balikpapan saat ini (Foto: Amir Sarifudin/Okezone)

BALIKPAPAN - Awal 2016 masyarakat Balikpapan  akan bangga karena memiliki stadion megah bertaraf Internasional yang berlokasi di daerah Batakan, Balikpapan Timur. Stadion yang dibangun dengan biaya hampir 1,1 Trilyun ini, berkapasitas 45 ribu penonton dan saat ini pembangunan fisiknya sudah sekitar 50 persen.

Pembangunan dibagi dalam tahap I pemantangan lahan, tahap II pembangunan seluruh tribun dan lantai dasar hingga lantai III. Sedangkan tahap III menyangkut tahap akhir kontruksi seperti lantai IV dan V, atap, dan pembangunan lapangan utama, lapangan pemanasan dan akses jalan keluar masuk stadion.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK ) Stadion Balikpapan dari Dinas PU Balikpapan Andi Muhammad Yusri Ramli didampingi Projek Manager Waskita Gede Oka Anak Agung menjelaskan, saat ini realisasi pembangunan tahap II Stadion Batakan sudah mencapai 97 persen.

“Akhir bulan Maret ini sesuai addendum kontrak, tahap II tuntas. Sekarang ini tinggal sedikit pekerjaan konstruksi dan plester saja. Tahap kedua II menghabiskan Rp500 miliar, tahap I Rp74 miliar dan tahap III nanti 627 miliar,” papar Yusri saat mendampingi kunjungan Ketua DPRD Balikpapan Andi Burhanuddin Solong, Jumat(14/3/2014).

Sementara tahap III diperkirakan dilelang akan dilakukan bulan depan. Sesuai kontrak, pekerjaannya akan selesai pertengahan 2016 seiring dengan berakhirnya masa jabatan Wali Kota Rizal Effendi pada pertengahah 2016.

“Tapi kita targetkan akhir 2016 stadion sudah bisa dipakai. Tahap III kita akan kerjakan lanjutkan kontruksi lantai IV dan V, atap, lapangan, lapangan pemanasan, jalan masuk,” jelas Yusri.

Saat ini proses penyelesaian lahan disekitar stadion masih terus dilakukan terutama di jalan masuk stadion, “Kebutuhan lahan seluruhan bersama kompleknya stadion 50 hektar, sekarang yang terpakai baru 16,7 hektar. Sisanya masih terus dilakukan penyelesaian lahan,” tambahnya.

Sementara itu dengan setelan safarinya dan rokok ditangan Andi yang akrab disapa ABS mengaku bangga dapat melihat megahnya stadion dan progress pembangunan stadion yang mencapai 93 persen untuk tahap II dengan biaya hampir Rp500 miliar ini. Ia meyakinkan stadion tidak akan terkendala masalah dana.

“Memang tidak bisa cepat dan langsung jadi. Perlahan-lahan, tapi pasti. Stadion pasti terbangun. Meskipun minim bantuan provinsi, tapi kita membuktikan bahwa Balikpapan mampu,” kata ABS disela-sela meninjau stadion Batakan.

“Saya meminta alokasi Rp 100 miliar di APBD Murni 2014 segera dilelang untuk melanjutkan pembangunan tahap III. Kebutuhannya Rp 627 miliar, jadi masih kurang Rp 527 miliar. Nanti di perubahan yang sudah di tangan minimal Rp 100 miliar, bisa lebih. Kemudian di APBD Murni 2015 bisa dialokasikan Rp 200 miliar. Sisanya (Rp 227 miliar) bisa di Perubahan 2015 dan APBD Murni 2016,” rincinya.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini