Piala Dunia 2002

Azwar Ferdian, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2014 11:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 02 11 357 938937 9mhqlZ6tbN.jpg Brasil juara Piala Duina 2002.(foto:ist)

UNTUK pertama kalinya gelaran Piala Dunia keluar dari benua Eropa dan Amerika. Asia diwakili Korea Selatan dan Jepang ditunjuk FIFA menjadi tuan rumah event paling akbar ini.

 Banyak kejutan yang terjadi di PD 2002 ini. Salah satunya adalah tumbangnya juara bertahan Prancis di laga pembuka oleh Senegal. Prancis sendiri akhirnya harus angkat koper lebih dulu setelah tersingkir di babak penyisihan grup tanpa mampu mencetak satu gol pun.

Kejutan lainnya adalah lolsonya Korea Selatan dan Jepang ke babak 16 besar. Korsel yang paling fenomenal. Sukses menumbangkan Portugal di babak awal, dilanjutkan dengan mengalahkan Italia 1-2 di 16 besar dengan kemenangan penuh kontroversi, dan menyudahi langkah Spanyol di perempat final. Langkah Korsel terhenti di babak semifinal oleh Jerman.

Sementara itu, Turki juga membuat kejutan dengan lolos ke semifinal, namun takluk oleh Brasil. Turki menjadi juara ketiga usai mengalahkan Korsel 3-2. Striker Hakan Sukur memecahkan rekor gol tercepat Piala Dunia di laga ini. 

Partai final mempertemukan Brasil melawan Jerman. Tampil tanpa Michael Ballack yang terkena akumulasi kartu kuning, Tim Panser bermain kurang menggigit. Sementara itu Tim Samba tampil dengan kekuatan penuh, termasuk Ronaldo yang mencetak dua gol kemenangan Brasil. Ronaldo sendiri terpilih sebagai pemain terbaik dan juga pencetak gol terbanyak dan Brasil sukses mengoleksi lima gelar juara.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini