Piala Dunia 1990

Azwar Ferdian, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2014 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 01 29 357 933384 7f7LY3sHv1.jpg (foto:IST)

ITALIA terpilih kembali menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 1990. Piala Dunia kali ini dianggap sebagai piala dunia yang paling membosankan. Italia dengan strategi Cattenaccio, ternyata membawa pengaruh pada permainan tim lain yang juga cenderung bertahan.

Argentina sebagai juara bertahan harus menelan kekalahan 0-1 dari Kamerun di laga pembuka. Roger Milla menjadi bintang Kamerun di  piala dunia kali ini. Namun, Tim Tango tetap melaju ke babak 16 besar.

Italia, Uruguay, Rumania, Irlandia, Spanyol, Yugoslavia, Brasil, Argentina, Jerman Barat, Belanda, Cekoslovakia, Kosta Rika, Inggris, Belgia, kamerun dan Kolombia adalah konstestan yang lolos ke babak 16 besar.

Langkah tuan rumah terhenti di semifinal setelah takluk dari Argentina melalui babak adu penalti. Sementara Jerman Barat mengalahkan Inggris juga melalui babak adu penalti. Laga final mempertemukan Jerman melawan Argentina.

Antiklimaks kembali terjadi di laga pamungkas ini. Hanya satu gol tercipta dan itu pun melalui tendangan penalti Andreas Brehme pada lima menit pertandingan tercipta. Diego Maradona tidak bisa berbuat banyak karena mendapat pengawalan ekstra ketat.

 Franz Beckenbauer mencatatkan diri sebagai orang pertama yang sukses merebut trofi piala dunia kala menjadi pemain dan kapten di Piala Dunia 1974 dan saat menjabat pelatih di Piala Dunia 1990 ini.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini