Piala Dunia 1986

Azwar Ferdian, Jurnalis · Rabu 29 Januari 2014 13:52 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2014 01 29 357 933377 Ya1eEg6ehZ.jpg Diego Armando Maradona pahlawan Argentina.(foto:IST)

MEKSIKO kembali terpilih sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya. Keputusan pemilihan Meksiko diambil FIFA setelah Kolombia mengundurkan diri karena alasan finansial. Sebelumnya Meksiko menghelat Piala Dunia 1970.

Meksiko juga sempat mendapat kendala setelah negara mereka hancur karena gempa besar yang menewaskan hampir 30 ribu orang lebih. Bencana alam ini hampir membuat Meksiko batal menjadi tuan rumah. Namun, Asosiasi Sepakbola Meksiko menyatakan tetap siap setelah sebagian besar stadion tidak hancur.

 

Format yang digunakan tidak jauh berbeda dengan Spanyol 1982. Sebanyak 24 tim finalis dibagi dalam enam grup. Perbedaannya, pada putaran kedua, yang diikuti 16 tim, sistem gugur diterapkan.

 

Piala Dunia 1986 merupakan panggung Diego Armando Maradona. Selain Pele, Hanya Maradona yang mampu mengantarkan timnya menjadi juara. Aksi yang paling dikenang tentu saja pada laga perempatfinal melawan Inggris. Maradona melakukan gol tangan Tuhan dan mencetak salah satu gol terbaik sepanjang sejarah piala dunia, dengan menggiring bola dari garis tengah dan melewati lima pemain Inggris.

 

Argentina menjadi juara setelah menaklukan Jerman 3-2, dan Maradona terpilih sebagai The Player of the Tournament.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini