nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cedera, Mesin Gol Persija Diwajibkan Istirahat 2 Pekan

Decky Irawan Jasri, Jurnalis · Senin 08 Juli 2013 01:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 07 08 49 833291

JAKARTA - Kerugian besar harus ditelan Persija Jakarta, terkait harus istirahat totalnya sang penyerang andalan Emmanuel Kenmogne selama dua pekan kedepan. Kenmogne sendiri kini berstatus ujung tombak utama tim berjuluk Macan Kemayoran tersebut.

Belum maksimalnya kondisi fisik Kenmogne, memang sudah sering dibahas pelatih kepala Persija Benny Dollo. Bendol, biasa Benny Dollo disapa, serta beberapa jajaran pelatih Persija lainnya, selalu menyatakan jika Kenmogne belum dalam kondisi yang diharapkan. Hal itu dikarenakan, setelah Kenmogne tetap menerima pinangan Persija disaat klub lamanya libur berkompetisi.

Kenmogne yang seharusnya beristirahat total, malah ikut berkompetisi bersama tim berkostum orange tersebut diputaran kedua Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013. Dan alhasil, Kenmogne pun kerap dinilai belum mampu menunjukan penampilan terbaiknya sampai sejauh ini.

Tapi, anggapan Kenmogne belum maksimal langsung dipatahkan penyerang berusia 32 tahun tersebut. Bagaimana tidak, dari sepuluh laga yang sudah dijalaninya bersama Persija, delapan gol telah dijaringkannya. Walau bergabung pada putaran kedua ISL, pemain berpaspor Belgia namun lahir di Bafoussam, Kamerun tersebut telah mampu mencatatkan dirinya sebagai pemain tersubur di tim Macan Kemayoran.

Akan tetapi, apa yang ditakutkan soal kondisi Pacho, sapaan akran Kenmogne, akhirnya terlihat. Selepas kekelahan, 1-3 dari Arema Cronus di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, (30/6), Kenmogne pun dikabarkan mengalami cedera. Absennya Kenmogne pun berlanjut, ketika Persija juga dipecundangi tim tuan rumah Gresik United, 0-1, di Stadion Petrokimia, Gresik, (5/7).

"Dia (Kenmogne), harus menjalani proses terapi rutin selama dua pekan kedepan. Saat tim kembali dari tur Jawa Timur, Kenmogne juga hanya diberikan porsi latihan ringan-ringan saja. Untuk semua hanya untuk menjaga kebugaran," ungkap Fisioterapis Persija, Muhammad Izar.

Selepas selalu tumbang dalam dua laga di tur Jawa Timur, Persija dijadwalkan menjamu Pelita Bandung Raya (PBR) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, (21/7). Melihat selang waktu yang cukup panjang menuju pertandingan tersebut, Izar pun yakin jika Kenmogne bisa kembali diandalkan dalam pertandingan tersebut. Dirinya berharap, proses terapi yang dijalani mantan penyerang Olympiakos Nicosia ini bisa berjalan lancar.

Selain berharap proses penyembuhan Kenmogne berjalan baik, Izar juga tengah berusaha memulihkan kondisi penyerang Persija lainnya Lam Hok Hei. Penyerang tim nasional (timnas) Hong Kong itu sendiri, sudah mulai absen di beberapa laga terakhir Persija. Jika Hok Hei bisa pulih lebih cepat, tentu akan sedikit memberi rasa aman pada lini depan tim Macan Kemayoran.

"Beruntung kami memiliki waktu istirahat cukup panjang, sebelum menghadapi PBR. Kami harap Kenmogne bisa pulih lebih cepat dari pada prediksi sementara. Kami juga berharap Lam Hok Hei bisa segera pulih dalam waktu dekat. Sehingga pilihan di lini depan menjadi bervariasi," jelas Izhar.

Melihat hasil buruk dalam tur Jatim, Bendol tetap optimis jika anak-anak asuhnya akan bisa bermain maksimal di sisa kompetisi. Mantan pelatih timnas Indonesia ini pun, mengaku langsung bersiap menyusun program latihan anak-anak asuhnya selama bulan Ramadan.

"Saya optimis, tim ini akan tetap bisa terus berjuang dan lepas dari zona degrafdasi. Yang saat ini fokus adalah bagaimana para pemain menjaga kondisi saat bulan Ramadan. Untuk itu, kami pun langsung menyusun latihan saat bulan puasa," papar Bendol.

"Kami juga sudah mengukur semua lingkar perut, lingkar badan. Berat badan dan sebagainya. Intinya pemain harus bisa menjaga kondisi. Dan pemain profesional sudah seharusnya tau apa yang dilakukan oleh dirinya. Saya akan pantau setelah mereka libur latihan," sambung pelatih bertubuh tambun tersebut.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini