nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngamuk di Pescara, Si Ungu Hanya ke Europa League

Aditya Putra, Jurnalis · Senin 20 Mei 2013 03:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2013 05 20 47 809388 LxGLD7CufO.jpg Stevan Jovetic dan Adem Ljajic. (Foto: Reuters)

PESCARA - Fiorentina meraih kemenangan fantastis 5-1 atas Pescara pada pertandingan penutup Serie A musim ini. Namun, mereka harus tetap puas akan berlaga di Europa League musim depan, karena tiket terakhir Liga Champions akhirnya menjadi milik AC Milan.

 

Pada pertandingan yang dihelat di Stadio Adriatico-Giovanni Cornacchia, Senin (20/5/2013) dini hari WIB tersebut, Fiorentina benar-benar mendominasi jalannya pertandingan, bahkan unggul 60 persen lebih dalam urusan ball possession. Adam Ljajic menjadi faktor kunci bagi La Viola, setelah tiga golnya membuat kiper Pescara kewalahan.

 

Dengan kemenangan tersebut, Fiorentina tetap berada di peringkat empat klasemen akhir Serie A, setelah pada pertandingan lainnya, AC Milan, yang sempat tertinggal mampu membalikkan keadaan secara dramatis. Dan, hal itu pun memupus impian La Viola untuk berlaga di Liga Champions musim depan, dan harus puas berlaga di ajang Europa League.

 

Jalannya pertandingan

Tampil dengan motivasi untuk meraih tiket Liga Champions musim depan -sambil berharap AC Milan terpeleset, Fiorentina langsung tampil menyerang. Hasilnya, pada menit 16, mereka membuka keunggulan lewat Adem Ljajic, dengan memanfaatkan umpan yang dilepaskan Valero Cuadrado. La Viola pun memimpin 1-0.

 

Menit 24, tim tamu menambah keunggulan, kembali lewat Ljajic. Mendapat umpan matang dari Matias Fernandez, pemain asal Serbia berusia 21 tahun tersebut melepaskan tembakan rendah yang kemudian menaklukkan penjaga gawang Pescara, Mattia Perin. Dan, gol tersebut pun membuat kedudukan berubah menjadi 2-0, masih untuk La Viola.

 

Empat menit berselang, jala gawang Pescara benar-benar dikoyak oleh tim asuhan Vincenzo Montella. Kali ini, gol disarangkan oleh Fernandez, yang memanfaatkan assist Borja Valero. Diawali kerja sama di antara keduanya, Fernandez kemudian melepaskan tembakan yang tak terlalu keras namun kembali membuat Perin tak berdaya. Fiorentina menjauh, 3-0.

 

Berikutnya, La Viola masih terus menunjukkan dominasinya atas tuan rumah dan tak henti-hentinya melakukan serangan berbahaya. Namun, hingga turun minum, tak ada gol tambahan yang tercipta, baik dari kubu Fiorentina maupun Pescara, sehingga babak pertama pun berakhir dengan skor 3-0.

 

Pada paruh kedua, tepatnya menit 54, giliran Stevan Jovetic yang mencatatkan namanya di papan skor. Diawali dari kerja sama antara Ljajic dan Fernandez bola kemudian mengarah kepada Jovetic, yang langsung melepaskan tembakan dan memaksa Perin memungut bola dari gawang untuk keempat kalinya. La Viola menjauh, 4-0.

Masih dengan semangat mennuju Liga Champions musim depan, Fiorentina terus menambah pundit-pundi golnya. Kali ini pada menit 59, kembali melalui Ljajic. Mendapat umpan matang dari Jovetic, Ljajic kemudian untuk ketiga kalinya membobol gawang Perin pada malam ini. La Viola mengamuk, 5-0.

 

Seakan belum puas, Fiorentina terus menekan. Namun, justru mereka yang kecolongan pada menit 77, lewat gol yang dicetak Marco Vittiglio. Berawal dari tendangan bebas yang dilepaskan Romulo Togni, Cristiano Lupatelli kemudian berusaha menjangkau bola, namun bola bisa dimanfaatkan Vittiglio dan membuat kedudukan menjadi 5-1.

 

Selanjutnya, permainan masih miliki Fiorentina, namun, Pescara pun sesekali keluar dari tekanan dan mencoba balas menyerang. Dan, akhirnya, hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan kedudukan tetap tak berubah, 5-1 untuk keunggulan La Viola.

 

Susunan pemain:

PESCARA: Perin; Zauri, Capuano, Cosic (Catalano 68’), Bocchetti; Bjarnason, Togni, Rizzo; Celik (Vittiglio 68’), Di Francesco (Mbodj 84’); Sforzini.

FIORENTINA: Viviano (Lupatelli 72’); Rodriguez, Compper, Pasqual; M.Fernandez, Pizzaro, B.Valero; Cuadrado (Rossi 64’), Jovetic, Ljajic (Wolski 60’).

(dit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini