Gol Indah Bale Tetap Gagal Bawa Spurs ke UCL

Aditya Putra, Jurnalis · Senin 20 Mei 2013 00:19 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 20 45 809364 WIlOA72UVc.jpg Gareth Bale. Golnya tetap tak mampu membawa Tottenham Hotspur ke Liga Champions musim depan. (Reuters)

LONDON - Bintang Tottenham Hotspur, Gareth Bale mencetak gol indah dan membuat timnya menang 1-0 atas Sunderland pada laga penutup Premier League musim ini. Kendati demikian, hal tersebut tetap tak mampu membawa Lilywhites berlaga di Liga Champions musim depan dan hanya akan berkompetisi di Europa League.   

 

Pada pertandingan yang dihelat di White Hart Lane, Minggu (19/5/2013) malam WIB tersebut, Spurs tampil begitu menekan, namun kukuhnya lini pertahanan Sunderland membuat mereka jatuh bangun melakukan serangan. Bahkan, pasukan Andres Villas-Boas harus menunggu hingga menit 89 untuk meraih gol kemenangan.

 

Namun, sayangnya kemenangan tersebut tetap tak kuasa membawa Spurs menggondol tiket Liga Champions musim depan lantaran pada laga lain, Arsenal memetik kemenangan atas Newcastle United. Lilywhites harus puas finis di posisi lima klasemen akhir dan akan kembali berlaga di ajang nomor dua di Eropa pada musim depan.  

 

Jalannya pertandingan

Babak I

Spurs, yang mengincar kemenangan demi menjaga peluang berlaga di Liga Champions musim depan -seraya berharap Arsenal terpeleset, langsung tampil menyerang. Pada menit kelimat, peluang berbahaya pertama mereka dapatkan lewat striker Emmanuel Adebayor, namun sayang bagi Spurs, karena peluang tersebut bisa dihentikan oleh Simon Mignolet.

 

Pada menit 30, Sunderland nyaris membungkam para pendukung Spurs yang memadati White Hart Lane. Berawal dari umpan manis yang dikirim oleh Danny Graham, Connor Wickham melakukan tendangan first-time ke arah tiang dekat. Namun, Hugo Lloris dengan brilian melakukan penyelamatan dan memaksakan terjadinya tendangan penjuru.

 

Lima menit berselang, winger Spurs, yang merupakan pemain terbaik Premier League musim ini, Gareth Bale mengancam. Berawal dari bola yang dikirimkan secara rendah oleh Aaron Lennon, Bale kemudian menyambutnya, namun bola hasil sepakannya mampu diblok oleh Jack Colback, sehingga gol pun terhindarkan, dan kedudukan masih belum berubah.

 

Empat menit jelang turun minum, Bale nyaris membuat Spurs unggul, memanfaatkan kesalahan John O’Shea, namun Mignolet masih mampu menghindarkan terjadinya gol ke gawangnya. Dan, hingga babak pertama berakhir, masih belum ada gol yang tercipta dan kedudukan pun tetap tak berubah, 0-0.

 

Babak II

Memasuki interval kedua, tepatnya pada menit 49, Lloris kembali melakukan penyelamatan gemilang dan Jan Vertonghen membuat clearance bola hasil tembakan Graham. Semua berawal dari kesalahan yang dilakukan Benoit Assou-Ekotto yang gagal menguasai bola dan dimanfaatkan Wickham untuk diberikan kepada Graham, namun Lloris gemilang.

 

Memasuki menit 63, giliran Spurs yang memiliki peluang emas. Bukan satu, tapi dua peluang sekaligus. Tembakan pertama dilakukan oleh Scott Parker, namun masih bisa dihalau Jack Colback, sedangkan usaha kedua dilakukan Lennon, yang masih mengenai tiang, setelah sempat mengenai Colback (lagi). Kedudukan pun masih belum berubah, 0-0.

 

White Hart Lane pun akhirnya bergemuruh satu menit jelang pertandingan berakhir. Siapa lagi pelakunya jika bukan sang superstar, Gareth Bale, yang melakukannya dengan indah. Menguasai bola di sisi kiri pertahanan Sunderland, tepatnya di depan kotak penalti, Bale kemudian melepaskan tembakan melengkung dan gol! Kedudukan pun menjadi 1-0.

 

Pada menit-menit sisa, Spurs semakin di atas angin, namun hingga peluit panjang dibunyikan wasit, tak ada gol tambahan yang mampu diciptakan kedua tim, sehingga kedudukan 2-1 untuk keunggulan Spurs pun tetap bertahan. Namun, naas bagi mereka, karena tiket terakhir Liga Champions musim depan tetap diraih oleh Arsenal.

 

Susunan pemain:

TOTENHAM HOTSPUR: Lloris; Walker, Dawson, Vertonghen, Assou-Ekotto (Sigurdsson 84’); Lennon, Huddlestone, Parker (Dembele 64’), Dempsey (Defoe 73’); Adebayor, Bale

 

SUNDERLAND: Mignolet, Larsson, Colback, O'Shea, Cuellar, N'Diaye, Vaughan, McClean (Knott 74’), Johnson, Graham (Mandron 74’), Wickham (Mitchell 88’)

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan info seputar sepakbola

(dit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini