Coutinho Bantu Carragher Tutup Karier dengan Kemenangan

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 20 Mei 2013 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 20 45 809362 7pk6Ms8cWC.jpg Carragher ditemani dua anaknya saat menerima sambutan terakhir dari publik Anfield sebelum pensiun (Foto: Reuters)

LIVERPOOL - Liverpool menutup musim kompetisi Premier League 2012/2013 dengan kemenangan tipis 1-0 atas Queens Park Rangers. Sayang, kemenangan ini tak mampu menyelamatkan musim The Reds yang harus gagal tampil di kompetisi Eropa musim depan.

Menjamu Queens Park Rangers di Anfield, Minggu (19/5), pertandingan diawali dengan seremonial ‘Guard of Honour’. Bek The Reds, Jamie Carragher menerima penghormatan terakhir menyusul keputusannya pensiun pada akhir musim ini.

Bek 35 tahun yang telah mengabdi selama 17 tahun di Anfield ini juga dipercaya pelatih Brendan Rodgers bermain sejak menit awal. Sementara di lini depan, Rodgers memasang Daniel Sturridge untuk menggantikan posisi Luis Suarez yang masih harus menjalani sanksi larangan bermain.

The Reds tampil cukup dominan atas QPR yang sudah pasti terdegradasi. Setelah terus menekan, publik Anfield akhirnya bergemuruh. Pemain muda Jordan Ibe yang dipercaya memainkan debutnya di tim senior, langsung memberikan kontribusi.

Ibe yang baru berusia 18 tahun berhasil mengirimkan umpan ke Philippe Coutinho yang kemudian sukses membobol gawang Robert Green. 1-0 Liverpool memimpin.

Secara umum, The Reds mendominasi penuh jalannya laga, dengan penguasaan bola mencapai 72 persen. Sayang, dari sejumlah peluang yang didapat, mereka harus puas dengan keunggulan 1-0 di babak pertama.

Memasuki babak kedua, The Kop kembali mengambil inisiatif serangan. Glen Johnson punya peluang pada menit ke-50. Sayang, tendangannya masih bisa ditepis Green.

Menit ke-62, Liverpool kembali punya peluang. Carragher berpeluang menutup kariernya dengan gol, andai tendangan jarak jauhnnya tidak menyamping di sisi gawang.

Terus menekan, Liverpool kembali berpeluang menambah gol. Suso melakukan penetrasi di sisi gawang dan melepaskan umpan silang yang bisa ditinju Green. Bola muntah coba dimaksimalkan Stewart Downing, namun tendangannya bisa diblok Traore.

Menit ke-83, Liverpool mempertegas dominasinya dengan melepaskan shoot ke-25nya lewat kaki Jose Enrique. Namun, lagi-lagi Green mampu menggagalkannya.

Lima menit jelang berakhirnya laga, publik Anfield kembali bergemuruh. Namun, bukan menyambut gol, tapi memberikan aplaus kepada Carragher yang ditarik keluar.

Hingga laga usai, skor 1-0 untuk Liverpool tidak berubah. Carragher pun bisa tersenyum puas karena berhasil meraih kemenangan di akhir kariernya sebagai pemain.

Meski menutup musim dengan kemenangan, namun Liverpool tak bisa sepenuhnya senang, karena musim ini tidak berjalan baik bagi mereka. Mengakhiri musim di posisi tujuh dengan koleksi 61 poin, The Reds harus menerima kenyataan tidak ambil bagian di ajang Eropa baik itu Liga Champions atau pun Europa League musim depan.

Susunan Pemain:

LIVERPOOL: Reina, Johnson, Enrique, Carragher/Coates (85’), Skrtel, Lucas, Henderson, Downing, Ibe/Borini (64’), Coutinho/Suso (75’), Sturridge

QPR: Green, Harriman, Onuoha, Hill, Traore, Derry, Park/Hoilett (80’), Remy/Granero (46’), Zamora/Mackie (72’), Townsend, Mbia

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini