Napoli Lolos Langsung ke Liga Champions, Mazzarri Puas

Kamis 09 Mei 2013 06:26 WIB
https: img.okezone.com content 2013 05 09 47 804443 Ge4ldBuD7J.jpg Foto: Dok. Okezone

BOLOGNA – Tiga poin yang dipetik Napoli dari markas Bologna memastikan langkah mereka ke pentas Eropa musim depan. Pencapaian ini sontak disambut gembira seluruh elemen Il Partenopei, tak terkecuali sang allenatore Walter Mazzari.

Gol-gol Marek Hamsik, Edinson Cavani dan Blerim Dzemaili sukses membungkam Bologna 3-0 di Renato Dall’Ara, dini hari tadi. Raihan poin absolut ini praktis membuat Napoli memastikan diri mendampingi Juventus untuk langsung masuk ke fase grup Liga Champions musim depan.

Dengan koleksi 75 poin, Napoli tidak mungkin lagi terkejar oleh AC Milan di posisi tiga yang terpaut tujuh poin. Sebab, kompetisi musim ini hanya menyisakan dua laga, dan hanya tersedia enam poin maksimal.

Mengamankan posisi dua dan lolos otomatis ke Liga Champions menjadi sejarah baru buat Napoli. Ya, inilah kali pertama mereka mengakhiri musim Serie A di posisi dua, sejak terakhir kali melakukannya pada era keemasannya saat masih diperkuat Diego Maradona, 1989-1990 silam.

“Ini adalah pencapaian luar biasa. Dengan dua poin tambahan lagi, kami bisa mengalahkan rekor poin (Napoli) saat masih diperkuat Maradona,” tutur Mazzarri sebagaimana dikutip Football-Italia.

“Saya sangat puas dengan apa yang kami lakukan sejauh ini dan kami ingin mengakhiri musim dengan raihan tertinggi. Dari sudut pandang tertentu, saya lebih menyukai tim yang sekarang dibanding pada saat pertama kali lolos ke Liga Champions. Kali ini terasa istimewa, karena kami hanya kalah dari Juventus yang memang tampil luar biasa,” sambungnya.

“Selama empat tahun terakhir, Napoli selalu tampil di pentas Eropa dan inilah alasan mengapa para pemain pantas mendapatkan apresiasi,” tutup pelatih yang sempat diisukan bakal melatih Inter Milan ini.

Lolos langsung ke Liga Champions musim depan, Napoli terancam tidak didampingi Mazzarri. Pasalnya, pelatih 51 tahun ini belum juga mendiskusikan kontraknya yang akan berakhir pada musim panas ini.

“Saya tidak punya masalah dengan Presiden (klub) Aurelio De Laurentiis dan kami juga sudah berbicara hari ini. Keputusan saya bersifat pribadi dan saya butuh mengevaluasi segalanya sebelum memutuskan tetap bersama Napoli atau tidak,” lanjut Mazzarri.

“Untuk memenangi gelar juara, Anda butuh skuad yang mumpuni. Jika Anda punya skuad yang berisi pemain-pemain juara, tentunya itu akan lebih mudah memenangi scudetto. Lihat saha perbedaan bujet dan gaji antara Napoli dan Juventus,” pungkasnya seraya mengindikasikan dia butuh komitmen klub untuk membangun skuad yang lebih kompetitif di musim depan.

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan update seputar sepakbola

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini