nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewandowski Pastikan Kemenangan Die Borussen

Aditya Putra, Jurnalis · Minggu 31 Maret 2013 00:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 03 31 48 783846 gI0eNTCCXw.jpg Robert Lewandowski merayakan gol bersama Lukasz Piszczek. (Foto: Reuters)

STUTTGART - Borussia Dortmund meraih kemenangan 2-1 atas tuan rumah Stuttgart pada pertandingan lanjutan Bundesliga. Hasil tersebut membuat jarak Dortmund dengan Bayern Munich untuk sementara menjadi 17 poin, dan seakan menunjukkan kalau mereka akan terus memperlambat Die Roten memastikan diri meraih gelar juara musim ini.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di Mercedes-Benz-Arena, Sabtu (30/3/2013) malam WIB tersebut, Dortmund benar-benar mendominasi jalannya pertandingan. Itu terlihat dari penguasaan bola yang dilakukan para pemain Die Borussen, yang mencapai 60 persen. Namun, mereka hanya mampu unggul tipis 2-1 karena disiplinnya pertahanan Stuttgart.

Jalannya pertandingan

Pada awal-awal babak pertama, tuan rumah, yang mendapat dukungan penuh dari penonton, sebenarnya tampil lebih dominan dan langsung melancarkan serangan. Pada menit empat, pergerakan Ibrahim Traore nyaris membahayakan pertahanan Dortmund, beruntung masih bisa diantisipasi oleh Grosskreutz.

Berikutnya, giliran Dortmund yang menyerang. Dan, pada menit 29, mereka pun mampu mencetak gol pembuka. Diawali tendangan bebas yang dilepaskan Marco Reus di sisi kanan pertahanan Stuttgart, bola kemudian disundul Lukasz Piszczek hingga masuk ke gawang Sven Ulreich. Kedudukan pun berubah, 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Setelah unggul, permainan Dortmund semakin kompak. Kerja sama di antara Reus dan Robert Lewandowski benar-benar membuat barisan pertahanan Stuttgart kerepotan. Namun, hingga babak pertama diakhiri wasit, tak ada gol tambahan tercipta, sehingga kedudukan 1-0 untuk keunggulan Die Borussen pun tetap bertahan.

Memasuki interval kedua, Dortmund masih tampil dominan. Namun, mereka kecolongan pada menit 63, lewat gol Alexandru Maxim. Berawal dari lemparan ke dalam, bola kemudian dibelokkan oleh Christian Gentner dengan bahunya hingga tiba di kaki Maxim, yang kemudian melepaskan tembakan datar terukur. Bola pun tak bisa dihalau Roman Weidenfeller dan membuat skor menjadi 1-1.

Kebobolan, Dortmund tak tinggal diam. Mereka justru semakin gencar melepaskan serangan-serangan ke daerah pertahanan Stuttgart, yang mengundang siulan dari suporter tuan rumah. Menit 78, Lewandowski melepaskan tembakan, namun bisa dihalau oleh Ilreich. Reus, yang dalam posisi bebas pun kemudian gagal memanfaatkan bola rebound.

Setelah melakukan serangan bertubi-tubi, Dortmund akhirnya mampu mencetak gol pada menit 82, lewat Lewandowski. Piszczek, yang berada di sisi kanan pertahanan Suttgart dan terbebas dari offside, melepaskan umpan datar ke depan gawang Stuttgart, yang kemudian dituntaskan dengan mudah oleh Lewandowski. Dortmund unggul 2-1.

Berikutnya, Dortmund masih memiliki peluang untuk memperlebar keunggulan, termasuk lewat peluang yang didapat Reus jelang laga berakhir. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan 2-1 untuk Dortmund terus bertahan, dan membuat mereka mampu mencuri tiga angka dari tangan Stuttgart.

Susunan pemain:

STUTTGART: Ulreich, Rudiger, Niedermeier, Felipe, G. Sakai, Gentner, Boka (Macheda 89’), Harnik, Maxim (Rocker 73’), Traore, Ibisevic

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Grosskreutz, Subotic, Felipe Santana, Schmelzer (Piszczek 29’), Bender, Sahin, Reus, Gundogan (Leitner 60’), M. Gotze (Schieber 83’), Lewandowski

(dit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini