Share

Kalau Australia Ikut, Gengsi AFF Cup Naik

Arpan Rachman, Okezone · Minggu 25 November 2012 03:11 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 25 51 722788 9lzn6lyKNi.jpg Harry Kewell cs tolak mentah-mentah tawaran ikut AFF (reuters)

MAKASSAR – Sejak 2006 pindah konfederasi dari Oceania ke Asia (OFC ke AFC), Australia hanya ikut Piala Asia dan kualifikasi Piala Dunia. Mengapa Socceroos seperti diperlakukan layaknya “anggota terhormat yang sangat istimewa” di Asia bila dibandingkan negara-negara anggota lainnya?  

Tawaran dari federasi sepakbola ASEAN (AFF) kepada Harry Kewell cs agar terlibat kompetisi di Asia Tenggara pun telah ditolak mentah-mentah. Alih-alih mau beraksi di AFF Cup – turnamen regional yang diadakan dua tahunan – Australia mengalihkan perhatian ke Asia Timur.

 

Kesebelasan negeri Kanguru itu sejak 2012 ini konon memutuskan memilih sendiri untuk mengikuti kompetisi di bawah federasi sepakbola Asia Timur (East Asian Football Federation). Kendati dalam situs resmi EAFF, tim raksasa di selatan Asia itu tidak tercantum sebagai anggota.

 

Perhelatan kejuaraan antarnegara di Asia Tenggara, Piala Suzuki AFF Cup 2012, akan digelar di Thailand-Malaysia, dimulai hari ini sampai 22 Desember 2012 mendatang.

 

Pelatih Persija IPL, Jaya Hartono, menilai Australia anggap enteng AFF Cup. Senada dengan Jaya, peracik taktik Arema – Rahmad Darmawan –memandang secara dua sisi.

 

“Kalau Australia ikut (AFF Cup) tentu akan menguntungkan AFF dalam hal kualitas tim dan menaikkan nilai jual turnamen sekaligus akan menambah kualitas permainan negara-negara lain anggota AFF,” ungkap pelatih yang akrab disapa ‘RD’ ini, saat Okezone meminta komentarnya, Sabtu (24/11/2012).

 

Tapi, di sisi lain, Rahmad mencermati kepentingan nasional Australia sendiri dalam skala yang lebih luas. Khususnya dalam berpartisipasi di event yang lebih besar.

 

“Tentu Australia keberatan kalau ikut (AFF Cup) karena (akibatnya) nantinya akan diletakkan sebagai tim bukan unggulan apabila mereka mengikuti kualifikasi Piala Dunia atau Piala Asia,” tandas RD.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini