nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pra Musim IPL Senyap

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Jum'at 23 November 2012 03:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 11 22 49 722030 QcJM7KR6SR.jpg Foto: Dok.Okezone

MALANG - Kompetisi Indonesian Premier League (IPL) benar-benar masih mendengkur. Belum adanya jadwal kompetisi masih ditambah tidak adanya rencana menggelar kegiatan pra musim yang melibatkan klub-klub kontestan IPL musim depan.

Dibanding kompetisi Indonesia Super League (ISL), IPL jelas jauh lebih senyap. Dua bulan sebelum penyelenggaraan liga, ISL sudah mengagendakan sejumlah turnamen, baik yang berskala besar maupun hanya diikuti tiga-empat klub. IPL? Sama sekali belum terdengar.

Peserta IPL berharap nantinya PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) menyediakan wadah untuk uji coba pra musim. Sehingga klub-klub peserta tidak bingung mencari lawan tanding. Apalagi kompetisi Divisi Utama yang biasanya menjadi sparing partner potensial, juga belum ada kabarnya.

“Hingga sekarang belum ada rencana seperti itu (turnamen pra musim). Kalau memang liga sudah positif, idealnya PT LPIS membuat wadah tersendiri agar tim tidak sibuk mencari lawan tanding,” ungkap CEO Persema Malang Didied Poernawan.

Jika kompetisi IPL bergulir pada Februari, paling tidak Januari harusnya ada turnamen pemanasan. Sebab klub-klub IPL dipastikan baru membentuk tim pada Desember mendatang, sembari menunggu kepastian kompetisi sekaligus pencairan dana dari konsorsium.

“Kalau menggelar turnamen Desember ini rasanya tidak mungkin karena tim-tim baru membangun kekuatan. Idealnya sebulan sebelum kompetisi atau Januari 2013 nanti. Tapi sampai saat ini juga belum ada rencana apa-apa terkait persiapan kompetisi,” tambah Didied.

Persema sendiri hingga sekarang masih menunggu turunnya dana dari konsorsium sebagai modal membentuk tim baru. Setelah dana tersedia, klub berjuluk Bledeg Biru baru berani melangkah dengan menyodorkan kontrak ke pemain.

Persema juga belum paham benar berapa anggaran yang dialokasikan musim depan. Hanya saja, klub yang dulunya milik Pemkot Malang ini sepakat jika dana untuk klub dinaikkan seperti yang diharapkan Persibo Bojonegoro. Alasan terkuat adalah bertambahnya kontestan IPL 2012-2013.

Sementara itu, Persibo Bojonegoro juga berharap nantinya PT LPIS membuat semacam turnamen untuk program uji coba klub-klub IPL. Persibo memandang apa yang dilakukan PT Liga Indonesia dengan menggelar turnamen Inter Island Cup (IIC) adalah langkah positif.

“Sebenarnya aneh kalau melihat peserta kompetisi sudah saling bertemu sebelum kompetisi bergulir. Tapi itu bukan masalah dan malah memberikan solusi untuk klub, karena mencari lawan tanding yang sepadan juga tidak mudah,” kata Media Officer Persibo Imam Nur Cahyo.

Musim lalu, PT LPIS memang tidak menggelar agenda pra musim dalam bentuk turnamen. Sehingga klub-klub peserta harus mencari lawan tanding sendiri yang terkadang sulit didapatkan, dan akhirnya hanya berhadapan dengan tim junior klub itu sendiri.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini