Dua Gol Messi Jaga Rekor Impresif Barca

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 18 November 2012 03:57 WIB
https: img.okezone.com content 2012 11 18 46 719690 VcuGVNXbEk.jpg Selebrasi gol Messi (Foto Reuters)

BARCELONA – Barcelona memperpanjang rekor tidak terkalahkannya di La Liga menjadi 12 laga, usai menghajar Zaragoza 3-1. Lionel Messi tampil sebagai bintang dengan menyumbang dua gol.

Tampil di hadapan publik Camp Nou, Minggu (18/11/2012) dini hari WIB, Barca langsung mendominasi pertandingan. Mengandalkan trio Lionel Messi, David Villa dan Pedro Rodriguez, Barca langsung mengurung pertahanan Zaragoza. Sementara di lini belakang, kapten tim Carles Puyol melakoni comeback pasca-cedera siku dan kembali berduet dengan Gerard Pique.

Terus menekan, Barca membuka keunggulan pada menit ke-16. Seperti biasa, berawal dari pemainan tiki-taka di depan kotak penalti, Jordi Alba mengirim umpan kepada Messi yang sejurus kemudian merangsek ke kotak penalti dan melepaskan sepakan kaki kirinya tanpa mampu dibendung Roberto, kiper Zaragoza.

Unggul 1-0, dominasi Barca kian kental, sementara Zaragoza hanya membalas lewat skema serangan balik dan bola mati. Meski tak banyak punya peluang, namun Los Blanquillos mampu memaksimalkannya, bahkan sukses menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-23.

Berawal dari sepak pojok, bek muda Barca Martin Montoya, gagal menghalau bola dengan baik. Bola hasil sapuannya justru mengarah ke Paco Montanes yang langsung melepaskan sepakan keras yang sedikit mengenai kaki Puyol sebelum masuk ke gawang, tanpa mampu diantisipasi Victor Valdes.

Kedudukan sama kuat 1-1, Barca yang belum pernah kalah dari Zaragoza dalam delapan pertemuan terakhir, langsung meningkatkan tempo permainan. Hasilnya, lima menit berselang Blaugrana kembali berada dalam posisi unggul.

Messi menjadi aktor dibalik gol kedua Barca. Penetrasinya di kotak penalti, diakhiri dengan sebuah umpan manis ke arah Alex Song yang langsung menyambutnya dengan sepakan mendatar, yang meluncur deras ke gawang Roberto. 2-1 untuk Barca.

Memasuki menit ke-32, permainan cantik Barca kembali berujung pada peluang gol. Sayang, kali ini Andres Iniesta gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya. Skor 2-1 untuk keunggulan Barca pun bertahan hingga jeda.

Memasuki interval kedua, dominasi masih terus ditunjukan para punggawa Barca. Di menit ke-60, Barca kian berada di atas angin setelah Messi mencetak gol keduanya lewat sebuah tendangan terarah dari luar kotak penalti. Ini merupakan gol ke-17 Messi di musim ini yang sekaligus mengukuhkannya di puncak daftar Pichichi.

Unggul 3-1, Barca mengendurkan tekanan. Zaragoza pun mulai berani melakukan tekanan, meski sejauh ini belum mampu membongkar rapatnya pertahanan Barca yang digalang Puyol-Pique.

Memasuki 15 menit terakhir laga, entrenador Barca Tito Vilanova memutuskan menarik keluar Pique dan memasukkan pemain muda Marc Bartra. Sementara tak lama berselang, giliran Pedro ditarik keluar, digantikan Cesc Fabregas.

Meski tak lagi gencar melakukan tekanan, namun Barca tetap mampu menciptakan bahaya. Contohnya pada menit ke-80, Iniesta nyaris memperbesar keunggulan Barca andai tendangan melengkungnya tidak menghantam mistar gawang. Alhasil, hingga berakhirnya laga, skor 3-1 untuk Barca tidak berubah.

Dengan hasil ini, Barca kian nyaman di puncak klasemen sementara La Liga dengan koleksi 34 poin. Barca untuk sementara memperbesar keunggulan atas posisi dua Atletico Madrid (28’) dan 11 poin dari Madrid yang beberapa saat lagi akan melakoni duel kontra Athletic Bilbao.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Valdes; Montoya, Pique, Puyol/, Alba; Xavi, Song, Iniesta; Pedro/Fabregas (78’), Messi, Villa/Tello (61’)

Zaragoza (4-2-3-1): Roberto; Zuculini, Goni, Alvaro, Paredes; Movilla, Pinter; Apono, Víctor, Montanes; Aranda

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini