nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RD: Arema Siap Tarung

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Senin 12 November 2012 04:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 11 12 49 716909

SURABAYA—Tak seperti kompetisi Indonesian Premier League (IPL) yang rencananya molor, kick off Indonesia Super League (ISL) dijadwalkan tetap bergulir Januari 2013. Berdasar informasi yang dirilis Executive Committee (Exco) KPSI, kompetisi ISL bergulir pada 5 Januari.

Itu berarti KPSI menepati janjinya menggelar kompetisi pada Januari, setelah sebelumnya direncanakan bergulir November 2012. Dumulainya ISL pada Januari nanti sekaligus disikapi positif sejumlah klub kontestan yang mengklaim sudah siap bertarung dalam dua bulan ke depan.

Di Jawa Timur, ada empat klub ISL yang bakal bersaing di ISL yakni Arema ISL, Persegres Gresik, Persela Lamongan dan Persepam Madura United (P-MU). Hampir semuanya sudah memulai kegiatan pra musim, kecuali Persela Lamongan yang masih menyeleksi pemain.

Kendati demikian, Persela yang terhitung paling lambat mempersiapkan kekuatan, menyatakan siap bertanding Januari mendatang. Pelatih Persela Lamongan Gomes de Oliviera menyatakan timnya bakal sudah siap jika kompetisi digelar pada awal Januari 2013.

“Proyeksi saya tim ini memang sudah siap pada Januari, walau sekarang masih tahap seleksi pemain. Di akhir November rencananya sudah terbentuk tim, selanjutnya program pra musim akan dilakukan sepanjang Desember. Jadi tidak ada masalah,” tukasnya.

Kendati begitu dia tetap dituntut bekerja seefektif dan secepat mungkin karena terhitung ketinggalan dibanding tiga tim ISL Jawa Timur lainnya. Persela rencananya memuli agenda pra musim dengan pertandingan Inter Island Cup, di mana Laskar Joko Tingkir bakal satu grup dengan Persib Bandung.

Gomes mengakui waktu untuk Persela sangat singkat karena dua bulan yang ada tersita untuk seleksi pemain serta program pra musim. “Waktunya bisa dibilang singkat jika melihat kami tidak memiliki banyak pemain yang bertahan. Tapi saya rasa semua masih bisa dilakukan secara maksimal,” tukasnya.

Pelatih Arema FC versi Indonesian Super League (ISL) Rahmad 'RD' Darmawan juga mengaku siap bertarung Januari mendatang. Dia malah bersyukur kick off ISL tidak molor sehingga tidak ada perubahan pada program tim. Arema sendiri sejak September lalu sudah memiliki tim yang relatif komplit hasil perpaduan tim Arema dan Pelita Jaya.

“Tim ini memang kami persiapkan untuk kompetisi Januari. Syukurlah kalau tidak ada penundaan lagi, karena liga sudah terlalu lama liburnya. Anda bisa melihat sendiri, kami sudah sangat serius mempersiapkan tim untuk ISL. Jadi sudah tentu saya siap kompetisi digelar Januari,” cetus RD melalui pesan pendek.

Persegres Gresik yang juga sudah memulai aktifitas tim sejak hampir dua bulan silam pun menyatakan siap tempur. Pelatih Suharno yang sempat mengkhawatirkan kompetisi bakal kembali molor, tampaknya bisa bernafas lega. Dia bisa mempersiapkan timnya tanpa mengubah jadwal lagi.

Persegres sempat kalang kabut dengan penundaan jadwal ISL lalu. Kadung mengontrak sejumlah pemain dengan estimasi kompetisi digelar November 2012, ternyata kompetisi   molor hingga Januari dan manajemen harus kembali membicarakan perubahan kontrak dengan pemain.

Dihubungi Minggu (11/11), Suharno mengutarakan, “Saya inginnya Januari memang sudah bergulir. Kalau tertunda lagi itu berarti menyengsarakan klub. Kalau sudah pasti begini, kami juga bisa enak mempersiapkan diri. Persegres sudah siap kok, mungkin sekarang kesiapan sudah mencapai 90% lah.”

(min)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini