Derby Merseyside Tanpa Pemenang

Windi Wicaksono, Jurnalis · Minggu 28 Oktober 2012 22:17 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 28 45 710284 9goN94r5ZD.jpg Tandukan Suarez saat menaklukkan Howard (Foto: Reuters)

LIVERPOOL – Derby Merseyside antara tuan rumah Everton kontra Liverpool berakhir tanpa pemenang setelah kedua tim bermain imbang 2-2 di Goodison Park, Minggu (28/10/2012) malam WIB.

Sempat tertinggal dua gol, The Toffees mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di babak pertama. Gol The Reds lahir melalui bunuh diri Leighton Baines dan sunudlan Luis Suarez, sementara Everton mencetak gol lewat Leon Osman dan Steven Naismith.

Suasana pertandingan langsung memanas sejak peluit kick off dibunyikan. Permainan cepat khas sepakbola Inggris dipertontonkan, dan kedua tim tak ragu untuk jual beli serangan.

Everton yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri tampil ngotot, namun gawang tim asuhan David Moyes itu malah kebobolan lebih dulu pada menit ke-14 melalui gol bunuh diri Leighton Baines.

Gol bermula dari aksi Jose Enrique dari sisi kanan pertahanan The Toffees yang mengirim umpan silang mendatar kepada Luis Suarez. Tendangan striker internasional Uruguay itu membentur kaki Baines dan masuk ke gawang.

Selang enam menit, The Reds mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat tandukan Suarez memanfaatkan umpan lambung Steven Gerrard. Liverpool pun tampak berada di atas angin.

Namun, dua menit kemudian Everton sanggup memperkecil ketinggalan menjadi 2-1 melalui tendangan keras Leon Osman. Gol bermula dari sepak pojok Baines yang ditinju oleh kiper The Reds, Brad Jones, sayang bola malah jatuh ke kaki Osman yang tak segan menembak bola dengan keras.

Kepercayaan diri Phil Jagielka cs pun meningkat, intensitas serangan mereka lebih sering dari sebelumnya. Marouane Fellaini beberapa kali merepotkan barisan pertahanan Liverpool. Alhasil, gol penyama kedudukan pun lahir pada menit ke-35 lewat Steven Naismith.

Gol berawal dari aksi Fellaini dari sisi kanan pertahanan The Reds, dan mengirim umpan silang mendatar kepada Naismith, yang langsung menceploskan bola. Gol itu membuat skor menjadi 2-2 dan skor itu bertahan hingga peluit tanda usainya babak pertama dibunyikan wasit Andre Marriner.

Babak kedua

Tempo babak kedua sedikit berkurang, Everton dan Liverpool lebih terlihat sabar merangsek masuk pertahanan lawan. Sebuah peluang didapat The Reds lewat Raheem Sterling yang tinggal berhadapan dengan kiper Tim Howard, sayang tendangan winger berusia 17 tahun itu masih melenceng.

The Toffees perlahan mulai mendominasi permainan dengan permainan cepat dan umpan-umpan pendek yang mereka terapkan. Fellaini menjadi motor penggerak Everton untuk meneror gawang Brad Jones.

Pada menit ke-67, operan Baines gagal dimanfaatkan dengan sempurna melalui sundulan Jelavic, sehingga bola tak menemui sasaran. Dukungan fans Everton yang membahana di Goodison Park menambah semangat juang pasukan David Moyes.

Tuan rumah lagi-lagi mendapat kesempatan pada menit ke-80 lewat Naismith, tapi lini belakang tim arahan Brendan Rodgers itu masih mampu menghalau. The Reds juga bukan tanpa peluang di babak kedua, pada menit ke-83, tembakan keras Gerrard masih melambung di atas mistar gawang Howard.

Pada masa injury time, sontekan Suarez masuk ke dalam gawang Everton, namun hakim garis keburu mengangkat bendera offside. Gol itu pun dianulir sehingga skor tak berubah, masih 2-2.

Hingga babak kedua berakhir, tak ada lagi gol yang tercipta dari kedua tim dan skor 2-2 tetap bertahan. Dengan hasil ini, Liverpool masih tercecer di peringkat ke-13 klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin, sedangkan Everton menempati posisi kelima dengan mengumpulkan 15 poin.

Susunan pemain kedua tim:

Everton: Howard; Coleman, Jagielka, Distin, Baines; Naismith (Oviedo 85), Neville, Osman, Mirallas (Gueye 46); Fellaini; Jelavic.

Liverpool: Jones; Wisdom (Henderson 70), Skrtel, Agger, Enrique; Gerrard, Allen, Sahin (Coates 46); Sterling, Suarez, Suso (Shelvey 46).

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini