Hantam Bilbao, Lyon Jaga Kesempurnaan

Achmad Firdaus, Jurnalis · Jum'at 26 Oktober 2012 02:40 WIB
https: img.okezone.com content 2012 10 26 50 709512 Sm8WjibdSj.jpg Pemain Lyon merayakan gol Lisandro Lopez ke gawang Bilbao (Foto: Reuters)

PARIS - Olympique Lyon mempertahankan tren positifnya di ajang Europa League. Raksasa Prancis ini baru saja mencatatkan hasil sempurna usai menumbangkan tim kuat dari Spanyol, Athletic Bilbao 2-1.

Lyon menjamu Bilbao pada matchday ketiga Grup I, Jumat (26/10/2012) dini hari WIB. Di laga kali ini, pelatih Lyon Remy Garde mengandalkan Lisandro Lopez sebagai bomber tunggal. Sementara strategi serupa juga diusung pelatih Bilbao, Marcelo Bielsa.

Akan tetapi, satu striker yang jadi andalan Bielsa bukan Fernando Llorente melainkan, Aritz Aduriz. Llorente yang belakangan ini ramai diisukan bakal hengkang pada bursa transfer Januari, baru tampil pada menit ke-60.

Tampil di hadapan public sendiri, Lyon sempat mendapat perlawanan seimbang dari Bilbao yang memaksa babak pertama diakhiri dengan skor kacamatan alias 0-0.

Barulah, di babak kedua Lyon sukses membongkar rapatnya pertahanan klub finalis Europa League musim lalu itu. Lisandro Lopez mencetak gol spektakuler saat laga memasuki menit ke-54 dan membawa timnya unggul 1-0.

Tersengat gol Lopez, Bielsa melakukan serangkaian perubahan. Salah satunya dengan memasukkan Llorente dan Ibai di pertengahan babak kedua. Keputusan ini terbilan tepat. Pasalnya, Ibai sukses membuat kedudukan kembali seimbang lewat golnya di menit ke-79.

Sialnya, skor 1-1 tidak bertahan lama. Lyon yang memburu rekor sempurna, usai meraih kemenangan di dua laga awal, kembali unggul lewat gol Jimmy Briand pada menit ke-86. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai.

Hasil ini membuat Lyon mencatatkan rekor sempurna, dengan menyapu bersih tiga laga awal dengan kemenangan. Praktis, skuad berjuluk Les Gones mantap di puncak klasemen sementara Grup I dengan raihan 9 poin.

Bilbao sendiri harus menerima kenyataan terbenam di dasar klasemen dengan koleksi satu poin, hasil sekali imbang dan dua kali kalah. Bilbao terpaut lima poin dari Sparta Praha di posisi dua, yang pada saat bersamaan sukses menundukkan Irani Kyat 3-1.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini