Share

Prestasi Garuda Muda di Tengah Konflik

Decky Irawan Jasri, Jurnalis · Selasa 04 September 2012 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2012 09 04 51 684628

JAKARTA – Keberhasilan tim nasional (timnas) U-17 Indonesia menekuk Arab Saudi, 2-1, dalam laga uji coba yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (2/9), patut diberikan apresiasi. Timnas muda Merah Putih mampu jadi pelipur, di tengah konflik berkepanjangan yang sedang menimpa persepakbolaan Indonesia.

 

Persepakbolaan Indonesia memang sudah terlalu lama asik dalam konflik yang tidak berkesudahan. Masalah dualisme organisasi, dualisme kompetisi, dan lain sebagainya mengancam eksistensi Indonesia dikancah persepakbolaan internasional.

 

Namun, di tengah konflik berkepanjangan yang terus terjadi, timnas U-17 seperti tidak mau perduli dengan masalah yang ada. Permainan menarik berhasil ditunjukan skuad asuhan Indra Syafri saat menundukan tim papan atas Asia, Arab Saudi. Kemenangan ini pun seolah mengangkat moral timnas muda Merah Putih.

 

Ya, dua gol Muchlis Hadi Ning Saifulloh dan Jali Ibrahim masing-masing pada menit ke- 28 dan 35, seolah membangkitkan kembali semangat sepak bola Indonesia. Hasil meyakinkan tersebut, seakan membangkitkan lagi asa jika sepak bola Indonesia bisa bangkit dan tidak hanya mengurusi soal konflik semata.

 

“Kemenangan ini membuat tim kami bertambah optimis. Moral pemain seakan naik. Dari uji coba yang kami lakukan ini, kami tim pelatih akan kembali mengevaluasi seluruh pemain yang ada,” ungkap Indra.

 

Indra sendiri bukan dengan mudahnya membuat tim asuhannya mampu tampil solid. Dirinya menerangkan, jika tim yang ada sekarang adalah berisi pemain-pemain yang juga sempat bermain diajang HKFA International Youth Football Invitation, Januari yang lalu. Jadi apa yang didapatkan kali ini, bukan semata didapatkan begitu saja.

 

“Tim ini bukan tim yang baru saja dibentuk. Sejak juara di Hongkong, tim ini terus kami pertahankan. Dan untuk mematangkan permainan dari masing-masing pemain, kami membuat program tur wilayah,” papar Indra.

 

Sambutan positif juga disampaikan manajer timnas U-17, Widyawan Ferryanto Kodrat. Pria yang biasa disapa Ferkod tersebut menyatakan, jika timnas muda Merah Putih memiliki masa depan yang menjanjikan. Dan dirinya menegaskan untuk menjaga tim ini sebagai tim masa depan Indonesia.

 

“Tim ini menjanjikan sekali. Mereka begitu disiplin dan selalu mengibaratkan setiap pertandingan seperti laga final. Tim ini adalah prospek masa depan dan menjadi kewajiban PSSI untuk terus mempertahankan tim ini,” jelas Ferkod.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini