Igor Stimac, Pelatih Anyar Kroasia

Windi Wicaksono, Jurnalis · Sabtu 07 Juli 2012 02:03 WIB
https: img.okezone.com content 2012 07 06 51 660040 V6fTsvL71l.jpg Igor Stimac (Foto: Novilist)

ZAGREB - Mantan bek Derby County, Igor Stimac telah ditunjuk oleh Asosiasi Sepakbola Kroasia (HNS) sebagai pelatih baru Timnas Kroasia.

 

Stimac, yang membuat 53 penampilan bersama Kroasia, menggantikan Slaven Bilic yang mengundurkan diri setelah Euro 2012 setelah enam tahun membesut Luka Modric dan kawan-kawan.

 

Kroasia tersingkir dari Euro 2012 di babak penyisihan Grup C setelah hanya finis di peringkat ketiga di belakang dua tim yang akhirnya mencapai final, Spanyol dan Italia. Vatreni (julukan Kroasia) kini mengalihkan perhatian mereka ke kualifikasi Piala Dunia 2014 di Brasil.

 

Mereka akan menjalani laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Makedonia pada 7 September 2012. Kroasia sendiri tergabung di Grup A bersama Serbia, Belgia, Skotlandia dan Wales.

 

"Saya bangga pada apa yang Slaven Bilic dan para pemainnya di Euro 2012, mereka meninggalkan kesan yang besar. Dalam dua tahun ada festival sepakbola lainnya di Brasil dan Kroasia akan berada di sana. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mewujudkannya," ujar Stimac, seperti dilansir UEFA, Jumat (6/7/2012).

 

Sebagai pemain, Stimac sempat membela Hajduk Split, Derby dan West Ham, sedangkan sebagai pelatih, dia sebelumnya pernah menangani Hajduk, Cibalia dan yang terakhir NK Zagreb. Dia sempat bermain bersama Bilic untuk Timnas Kroasia pada era 1990-an. Anggota lain dari tim itu, Davor Suker, baru saja terpilih sebagai presiden baru Asosiasi Sepakbola Kroasia (HNS).

 

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini