Bekap Peru, Uruguay Salip Argentina dan Pepet Chile

Achmad Firdaus, Jurnalis · Senin 11 Juni 2012 11:57 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 11 51 644962 u9pI30kgsX.jpg Para pemain Uruguay melakukan selebrasi kemenangan atas Peru (Foto: Getty Images)

MONTEVIDEO - Uruguay mulai kembali ke trend positif dalam perjuangannya di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Amerika Selatan (CONMEBOL). Setelah ditahan Ekuador, skuad La Celeste kembali ke jalur kemenangan dengan menundukkan Peru 4-2.

Uruguay menjamu Peru di Stadio Centenario, Senin (11/6/2012) pagi WIB, dengan modal kurang baik, yakni ditahan 1-1 oleh Ekuador pada laga sebelumnya. Tak ingin kehilangan peluang bersaing dengan dua rival utama, Argentina dan Chile di papan atas, pelatih Oscar Tabarez mematok kemenangan sebagai harga mati.

Jawaban positif pun langsung diberikan Edinson Cavani dkk. Luis Suarez mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-15, setelah membelokkan bola hasil tandukan Sebastian Coates. Gol ini sedikit berbau kontroversi, karena bola terlihat menyentuh tangan Suarez, bola tersebut juga masih belum jelas apakah sudah masuk ke gawang atau belum, karena sempat dihadang kiper Peru.

Terlepas dari kontroversi gol pertama, Uruguay sukses menggandakan keunggulannya pada menit ke-30 lewat eksekusi Maxi Pereira dari jarak dekat. Namun, Peru ternyata tak menyerah. Dipimpin pemain anyar tapi lama Bayern Munich, Claudio Pizarro, Peru membuat Uruguay ketar-ketir lantaran sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di awal babak kedua.

Gol pertama Peru (1-2) dicetak pada menit ke-40 lewat gol bunuh diri bek Uruguay Diego Godin. Sementara gol penyeimbang dilesakkan Paolo Guerrero pada menit ke-48. Sayang bagi Peru, mereka gagal memanfaatkan momentum kebangkitan ini dan memilih bermain bertahan demi menjaga hasil imbang.

Sementara, Uruguay yang tidak ingin kembali kehilangan poin maksimal di kandang, kembali meningkatkan intensitas serangan. Alhasil, dua gol tambahan sukses disarangkan semifinalis Piala Dunia 2010 ini lewat Cristian Rodriguez (63’) dan Sebastian Eguren di masa injury time untuk menutup laga dengan kemenangan 4-2 untuk Uruguay.

Dengan kemenangan ini, Uruguay sukses menyalip Argentina di posisi dua klasemen sementara. Uruguay mengoleksi 11 poin dari lima laga, unggul satu poin dari Argentina (10) yang juga sudah memainkan 5 laga. Uruguay kini hanya terpaut satu poin dari Chile di puncak klasemen, yang sehari sebelumnya menang 2-0 atas Venezuela. Akan tetapi, Uruguay punya peluang mengamankan takhta klasemen karena masih punya sisa tabungan satu laga (Chile sudah memainkan enam pertandingan).

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini