Sengit, Gol Soler Selamatkan Muka Persebaya

A. Firdaus, Jurnalis · Minggu 03 Juni 2012 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2012 06 03 49 640594 XoVLbgLLWp.jpg Logo IPL (foto:Ist)

SURABAYA – Laga seru Persebaya menjamu Persija berjalan sangat menarik nan sengit. Persebaya yang sempat tertinggal sebanyak dua kali, akhirnya terselamatkan oleh gol dari strikernya Fernando Soler di penghujung laga. Skor 3-3 menjadi hasil obyektif bagi kedua tim

 

Persebaya tampil dominan saat menjamu Persija di Stadion Gelora 10 November, dalam lanjutan Indonesian Premier League. Tapi apa daya, 45 menit pertama, Andik Vermansyah cs gagal menembus pertahanan Persija dan skor tetap tanpa gol.

 

Persebaya memulai pertandingan dengan bermain dominan. Pasukan Bajul Ijo ini mengandalkan Andik Vermansyah dan Taufiq sebagai pengatur serangan. Sehingga lini belakang Persija agak kerepotan meladeni kedua pemain kunci ini.

 

Namun hingga menjalani menit ke-30, Persebaya tidak bisa menembus gawang Persija yang dijaga kiper Alexsandar Vrteski. Sementara Diego Michiels ditugaskan untuk me-marking Andik, untuk tidak bergerak bebas.

 

Dominasi Persebaya terus muncul dengan berbagai serangan, terutama lewat tendangan keras Taufiq yang mampu bisa ditepis Vrteski yang hanya menghasilkan sepak pojok untuk Bajul Ijo.

 

Satu menit perpanjangan waktu babak pertama tensi pertandingan meninggi, Persebaya melakukan permainan cepat untuk bisa mencetak gol pertama ke gawang Persija. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan masih tanpa gol.

 

Pada babak kedua Persebaya tak mengendorkan serangan untuk terus menekan pertahanan Macan Kemayoran. Salah satu peluang berbahaya tercipta pada menit ke-51 lewat sundukan Andrew Barisic. Tapi masih bisa ditepis sang kiper, Vrteski yang bermain bagus di pertandingan ini.

 

Keasyikan menyerang, Bajul Ijo kebobolan. Anak-anak Green Force ini harus tertinggal lewat sundulan Emmanuel de Porras pada meni ke-55, setelah memanfaatkan umpan matang Danilo Fernando. Persebaya pun tertinggal 0-1 dari Persija.

 

Persebaya semakin tertinggal, kali ini Rinto Ali menjadi aktor protagonis seluruh isi stadion 10 November ini. Menit ke-60, Rinto mampu memanfaatkan umpan tarik dari De Porras. Persija menjauh menjadi 2-0.

 

Persebaya sebenarnya mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-67, setelah Feri Ariawan mampu membobol gawang Vrteski. Tapi sayang hakim garis menganulir gol Feri, setelah dia divonis offside.

 

Persebaya mendapatkan peluang pada menit ke-70, setelah Feri yang berhasil menusuk ke kotak penalti Persija diapit oleh dua pemain belakang Macan Kemayoran. Pada menitr ke-74, bek Persebaya Otavio Dutra yang bertindak sebagai algojo dengan tenang membobol gawang Vrteski. Skor 2-1, Persija masih memimpin.

 

Bajul Ijo akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-77. Setelah Fernando Soler melakukan gol unik. Soler melakukan penetrasi dan langsung melepaskan tendangan. Bola sempat terbentur bek Persija yang kemudian berbalik ke arah muka Soler. Beruntung, bola masuk ke gawang Persija, setelah Vrteski gagal menghalau bola liar tersebut. Skor pun berubah menjadi 2-2.

 

Pada menit ke 93, De Porras benar-benar menjadi mimpi buruk Persebaya. Setelah mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Persija pun sempat unggul beberapa saat, sebelum Soler mencetak gol penyelamat di penghujung laga. Skor 3-3 pun bertahan hingga pertandingan usai.

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini