Tim Matador Gebuk Prajurit Taeguk

Randy Wirayudha, Jurnalis · Kamis 31 Mei 2012 02:47 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 31 51 638692 ciqD3b4VdY.jpg Para Jugador Spanyol merayakan selebrasi kemenangan atas Korea Selatan (Foto: Reuters)

BERN – Kendati pernah membalas kekalahan menyakitkan dari Korea Selatan (Korsel) di Piala Dunia dengan balasan 2-0 pada dua tahun silam, sepertinya luka itu belum hilang. Buktinya, Spanyol dengan kejamnya menghajar Korsel lagi 4-1, Kamis dini hari (31/5/2012).

Babak Pertama

Tim Matador membuka interval perdana dengan peluang Fernando Torres di menit kelima. Torres yang sempat berusaha membelokkan bola hasil sepakan Santi Cazorla, gagal mengalirkan bola ke target yang tepat.

Tak butuh waktu lama menunggu, gol pembuka pun tiba di menit ke-12. Usai mendapat crossing akurat Beñat Extebarria, Torres yang berposisi bebas menanduk bola dengan bagian belakang kepalanya. Bola pun melayang ke jaring gawang, tanpa mampu dihentikan Jin-Hyeon. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara Spanyol.

Setelah tertekan sejak awal babak pertama, barulah di menit ke-21 tim dari negeri ginseng itu memberikan perlawanan dari sebuah counter attack. Ji Dong-Won yang meringsek ke jantung pertahanan, nyaris menyamakan kedudukan andai tendangannya tak melenceng dari tiang gawang.

Setelah merasa lebih leluasa untuk melancarkan serangan, Korsel akhirnya kembali mengubah papan skor menjadi 1-1. Sebuah terjangan kaki kanan Kim Do Heon di menit ke-34, membuat Reina memungut bola dari jaringnya sendiri. Hingga babak pertama usai, skor 1-1 masih lestari di Stade de Suisse

Babak Kedua

Beralih ke interval kedua, La Furia Roja mendapat keuntungan dari keputusan wasit yang menunjuk titik putih di menit ke-52. Sanksi penalti didapat Spanyol usai bek Korsel, Cho Yong-Hyung menahan bola tembakan Ignacio Monreal di kotak terlarang.

Xabi Alonso yang mengajukan diri menjadi algojo, tak membuang peluangnya dengan percuma. Angka di papan skor pun kembali berubah menjadi 2-1 di menit yang sama, setelah Alonso sukses mengelabui Jin Hyeon.

Semenjak itu, Spanyol kembali mendapuk inisatif serangan. Bahkan empat menit berselang, Santi Cazorla kembali merobek gawang Korsel melalui sepakan bebasnya, yang memperdaya sejumlah punggawa Taeguk Warriors, termasuk kiper Jin-Hyeon.

Dengan cerdik, Cazorla melepaskan tendangan lemah mendatar di bawah kaki-kaki pagar betis Korsel, yang sudah terlanjur melompat berjamaah – mengira bola akan dilambungkan. Skor 3-1 teruntuk Spanyol untuk sementara waktu.

Álvaro Negredo yang baru masuk menggantikan Torres, mendulang peluang emas di menit ke-72. Namun, posisinya yang bebas di hadapan kiper belum membuat ariete Sevilla itu mengemas gol. Sontekannya masih mampu diselamatkan Jin-Hyeon.

Gol ketiga ke gawang Korsel itu seakan meruntuhkan moral anak-anak asuh Choi Kang-Hee. Delapan menit jelang waktu normal berakhir, gol keempat Spanyol kembali lahir. Dengan dibidani assist Roberto Soldado, finishing manis dilesakkan Negredo.

Gol keenamnya dalam 9 penampilan bersama timnas, membuat skor kembali berubah, 4-1, sekaligus menutup laga persahabatan dini hari ini yang dihelat di Stade de Suisse, Bern.

Susunan Pemain:

Spanyol: Pepe Reina/Iker Casillas (80’), Sergio Ramos/Álvaro Domínguez (57’), Raúl Albiol, Ignacio Monreal, Álvaro Arbeloa, Xabi Alonso/Bruno Soriano (65’), David Silva, Santiago Cazorla/Adrián López (57’), Beñat Extebarria, Fernando Torres/Álvaro Negredo (57’), Juan Mata/Roberto Soldado (57’)

Korea Selatan: Kim Jin-Hyeon, Choi Hyo-Jin, Cho Yong-Hyung, Lee Jung-Soo, Park Joo-Ho, Kim Do-Heon/Oh Bum-Seok (82’), Nam Tae-Hee/Kim Chi-Woo (64’), Koo Ja-Cheol/Kim Jae-Sung (75’), Yeom Ki-Hun/Kim Bo-Kyung (46’), Son Heung-Min/Park Hyun-Beom (58’), Ji Dong-Won/Lee Dong-Gook (58’).

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini