nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barton Dihukum 12 Pertandingan

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Kamis 24 Mei 2012 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2012 05 24 45 634652 gGKijxi97w.jpg Joey Barton bersitegang dengan Sergio Aguero setelah Carlos Tevez terkapar pada Minggu (13/5) lalu/Getty Images

LONDON – Kapten QPR Joey Barton dikenai sanksi berat atas perilaku tak sportifnya saat melawan Manchester City dua pekan lalu. Barton dihukum 12 pertandingan dan denda 75 ribu pounds oleh FA.

 

Barton dikartu merah karena menyikut Carlos Tevez saat QPR menyerah 2-3 dari City pada hari terakhir Premier League. Hasil yang membawa City menjuarai Premier League.

 

Kartu merah Barton-yang kedua musim ini-membuatnya otomatis dikenai sanksi empat laga. Delapan laga lain merupakan hasil dari dua tindakan kekerasan lain yakni menendang lutut Sergio Aguero dan percobaan menanduk Vincent Kompany saat Barton meninggalkan lapangan Stadion Etihad.

 

“Terdapat peraturan yang harus ditaati. Perilaku seperti itu merusak imej dari sepak bola di negara ini, terlebih pertandingan ini merupakan puncak dari kompetisi yang disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia,” kata ketua komisi independen FA, Brian Jones seperti dikutip dari Sports Mail, Kamis (24/5/2012).

 

Dengan demikian, Barton tidak akan bisa bermain bagi klub hingga November mendatang. Sanski ini berlaku di semua ajang yang diikuti QPR musim depan, entah itu di Premier League, FA Cup, maupun Carling Cup.

 

Hukuman berat ini membuat peluang Barton masuk dalam skuad QPR musim depan praktis mengecil. Manajer QPR Mark Hughes juga disebut bakal mencabut ban kapten dari gelandang berusia 29 tahun tersebut dan memaksanya berlatih bersama tim cadangan.

 

Bagi Barton, hukuman dari FA ini bukan yang pertama diterimanya. Gelandang kontroversial ini pernah dihukum enam partai pada 2007 silam karena menyerang rekan setimnya Ousmane Dabo di tempat latihan saat masih memperkuat Manchester City dan tiga partai pada 2010 karena meninju perut Morten Garmst Pedersen saat berkostum Newcastle.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini