nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duel Dua Tim Ompong

Kukuh Setiawan, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2012 02:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 05 23 50 633762 wSebkBbzTJ.jpg Ilustrasi: Suasana latihan skuad Persebaya (Foto: Dok.Okezone)

SURABAYA - Pertemuan Persebaya Surabaya kontra Persibo Bojonegoro di lanjutan Indonesian Premier League (IPL) akhir pekan ini mungkin bakal kurang menarik. Sebab kedua tim hampir dipastikan bakal sama-sama ompong karena kesibukan sejumlah pemain bintangnya.

Di kubu tim tamu Persibo, beberapa pemain kunci seperti Samsul Arif, Jajang Paliama, Novan Setia, Sigit Miko Susanto dan Nur Iskandar masih terlibat di tim nasional (timnas). Kondisi yang sama juga dialami Persebaya yang bakal kehilangan Taufik, Endra Prasetya dan Andik Vermansyah.

Ketiganya juga sibuk memperkuat timnas sehingga dipastikan bakal absen di pertandingan nanti. Selain itu faktor kebugaran juga menganggu Bajul Ijo dengan cederanya striker yang tengah menggelora, Fernando Soler. Pelatih Divaldo Alves harus menunggu beberapa ke depan untuk memastikan kesiapan striker gondrong itu.

Faktor lain yang sedikit menganggu adalah keterlibatan Mario Karlovic dan Otavio Dutra di pertandingan persahabatan kontra Inter Milan pada Kamis (24). Jika keduanya dimainkan di laga tersebut, maka fisik mereka bakal terkuras sebelum laga menjamu Persibo.

“Ini situasi yang tidak menguntungkan karena pemain mempunyai kesibukan di luar klub. Ada yang memperkuat timnas, ada pula yang bertanding ujicoba lawan Inter Milan. Untungnya Persibo juga mengalami hal yang sama karena kehilangan banyak pemain,” cetus Manager Persebaya Saleh Hanifah.

Situasi ini menjadikan tekanan tersendiri bagi pelatih Persebaya Divaldo Alves. Boleh saja posisinya sebagai pelatih masih aman setelah dua kemenangan lawan Bontang FC dan Negeri Sembilan FA. Tetapi laga menjamu Persibo juga kembali menjadi pertaruhan bagi dirinya.

Kemenangan besar atas Negeri Sembilan FA ibaratnya 'tak dihitung' karena hanya sebuah pertandingan ujicoba. Suara dari supporter Bonek membuktikan mereka belum sepenuhnya percaya begitu saja pada Divaldo, sebelum tim benar-benar stabil di pentas IPL.

Saleh sendiri mengakui Divaldo masih harus menjawab pertanyaan dari supporter dengan memberikan kemenangan. “Saya rasa Divaldo harus membuktikan dirinya bisa membawa Persebaya kembali ke jalur kemenangan. Kalau dia bisa melakukan itu, saya yakin kepercayaan supporter akan pulih,” tambah Saleh.

Divaldo sendiri sudah memastikan tak bisa menampilkan Andik Vermansyah di pertandingan kontra Persibo. Sebab Andik harus bermain dua kali untuk timnas kala menghadapi Inter Milan sehingga tak memungkinkan untuk dipinjam memperkuat klub di akhir pekan nanti.

“Saya berusaha dengan seluruh kemampuan saya untuk membawa Persebaya menang, walaupun banyak pemain yang absen. Saya tak mungkin memainkan Andik Vermansyah dan berharap kondisi Karlovic dan Dutra baik-baik saja setelah menghadapi Inter Milan. Jelasnya saya harus melakukan perubahan di tim,” papar Divaldo.

(seb)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini