nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fergie & Giggs Terbaik Era Premier League

Achmad Firdaus, Jurnalis · Selasa 15 Mei 2012 19:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2012 05 15 45 630185 HIBmSkAp5a.jpg Giggs & Ferguson (bbcimg.co.uk)

LONDON - Manchester City boleh saja membuat Manchester United kecewa usai tampil sebagai kampiun Premier League musim ini. Meski demikian, kubu Setan merah masih punya sedikit kebanggaan. Apa itu?

City memang sukses mengakhiri dominasi United dengan menjuarai kompetisi paling elit di Inggris pada musim 2011-2012 ini. Meski demikian, United tetap mampu menjaga dominasinya dalam hal perolehan gelar individu.

Seperti dikutip SportingLife, Selasa (15/5/2012), Ferguson baru saja dinobatkan sebagai pelatih terbaik sepanjang sejarah Premier League. Era Premier League sendiri mulai diberlakukan pada 1992 atau 20 tahun silam.

Nah, dalam 20 tahun terakhir ini, Ferguson yang sukses menghadirkan 12 trofi juara dinilai sebagai pelatih tersukses di ranah Inggris. Pelatih kawakan Skotlandia ini sukses menyisihkan nama-nama beken seperti Arsene Wenger (Arsenal), Jose Mourinho (Chelsea), Harry Rednapp (West Ham, Portsmouth, & Tottenham Hotspur) dan David Moyes (Everton).

“Bagaimana dia (Ferguson) meraih juara dan apa yang dilakukannya dalam 20 tahun terakhir sungguh luar biasa. Saya rasa, kita semua harus memberikan apresiasi kepadanya,” tutur bintang legendaries Inggris, Alan Shearer.

Sementara untuk pemain terbaik, United kembali mengirimkan perwakilannya. Siapa dia? Siapa lagi jika bukan sang Welsh Wizzard, Ryan Giggs.

Winger kidal yang total telah memainkan 909 laga bersama United (terbanyak dalam sejarah Inggris), berhasil mengalahkan para pesaingnya, yakni duo legenda Arsenal Thierry Henry & Dennis Bergkamp serta rekan setimnya, Paul Scholes.

“Ryan Giggs akan tampil sebagai pesepakbola tersukses Britania sepanjang masa. Saya tidak melihat ada pemain lain yang bisa mengalahkannya,” imbuh mantan rekan setim Giggs di United, Gary Neville.

Selain memilih pelatih dan pemain terbaik, Premier League juga memberikan penghargaan kepada Alan Shearer yang dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Premier League dengan 260 gol.

Sementara mantan kiper Timnas Inggris, David James mendapat gelar sebagai kiper dengan rekor clean sheet terbanyak (173).

Terakhir, tim terbaik dalam 20 tahun terakhir juga dirilis. Komposisinya adalah: Peter Schmeichel; Gary Neville, Tony Adams, Rio Ferdinand, Ashley Cole; Cristiano Ronaldo, Paul Scholes, Roy Keane, Ryan Giggs, Thierry Henry, Alan Shearer.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini