2013, BPL Terapkan Teknologi Garis Gawang

Rintani Mundari, Jurnalis · Kamis 10 Mei 2012 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 10 45 627190 VEnFhc8M9p.jpg Gol Andy Carrol yang dianulir wasit, saat final FA Cup. (Foto: Getty Images)

LONDON – Kepala Eksekutif FA Richard Scudamore mengkonfirmasi bahwa pengenalan teknologi garis gawang tidak akan berlangsung setidaknya hingga 2013 mendatang. Pasalnya, mereka juga harus menjalani serangkaian tes uji coba untuk menilai keakuratan sistem tersebut.

 

Otoritas sepak bola tertinggi dunia, FIFA diperkirakan tidak lama lagi akan membuat keputusan terkait pengenalan teknologi itu pada Juli nanti. Saat ini mereka tengah mencoba dua sistem berbeda (Hawk-eye dan GoalRef) terkait perubahan yang akan dilakukan.

 

Tuntutan terhadap teknologi garis gawang kian menguat musim ini, karena beberapa kali pertandingan Premier League diganggu oleh perdebatan terkait keputusan gol. Efeknya, insiden tersebut dinilai dapat mempengaruhi persaingan gelar, lebih jauh dapat mempengaruhi emosi pemain di lapangan.

 

Scudamore menyambut gembira keputusan FIFA yang akan segera mengambil sikap dan mengklaim pihaknya akan mengadaptasi aturan tersebut, meskipun tidak dapat diterapkan musim depan.

 

“Teknologi garis gawang sangat penting dan sangat mendesak. Setelah kami mempelajarinya lebih jauh, implementasinya akan kami lakukan secepat mungkin,” kata Scudamore, seperti disitat Goal, Kamis (10/5/2012).

 

“Tetapi, pelaksanaan teknologi tersebut tidak praktis kami terapkan musim depan, terutama jika dilihat dari sisi logistik. Kami akan menerapkan secara perlahan dan melakukannya dengan benar,” tandasnya.

(fit)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini