Chelsea Siap Bangun Stadion Baru Berkapasitas 60 Ribu Penonton

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Sabtu 05 Mei 2012 02:52 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 05 45 624186 IC2KwvQjqz.jpg Inilah bekas Pusat Listrik Battersea yang akan dijadikan area stadion baru Chelsea/Wikipedia

LONDON – Chelsea secara resmi telah mengajukan penawaran untuk membeli kawasan bekas Pembangkit Listrik Battersea di sebelah selatan London. Jika sukses, The Blues akan meninggalkan Stamford Bridge yang telah jadi kandang mereka selama 107 tahun.

 

Rencananya, di area seluas 15 hektar itu akan dibangun stadion baru berkapasitas 60 ribu penonton. Tawaran tersebut dibuat bersama Almacantar, sebuah pengembang properti yang jadi partner mereka.

 

Battersea adalah bangunan pembangkit listrik bertenaga batu bara yang sudah tidak terpakai lagi sejak 1983. Battersea dianggap sebagai bangunan paling ikonik yang ada di London.

 

Dalam pernyataan resminya Chelsea mengatakan: “Pembangkit Listrik Battersea merupakan salah satu bangunan paling terkenal di London dan berpotensi menjadi salah satu stadion sepak bola paling ikonik di dunia.”

 

Salah satu aspek kunci dari stadion baru Chelsea nantinya adalah membangun tribun satu tingkat yang mampu menampung hingga 15 ribu penonton seperti di Anfield dan Westfalenstadion.

 

“Menyusul umpan balik dari para fans, rencana awal kami termasuk tribun satu tingkat 15 ribu tempat duduk di belakang gawang sebelah selatan, seperti salah satu tribun satu tingkat terbesar di sepak bola.”

 

Tribun satu tingkat terbesar di dunia adalah Sudtribune milik Westfalenstadion—kandang Borussia Dortmund—yang berkapasitas hingga 25 ribu penonton.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini