Opera Serie A Babak Ke-36

Randy Wirayudha, Jurnalis · Jum'at 04 Mei 2012 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 04 47 623671 GtloKZXaaO.jpg AC Milan dan Juventus masih menjadi dua aktor utama Opera Serie A yang berebut Scudetto musim ini (Foto: Getty Images)

JAKARTA – Benturan kepentingan di antara tim-tim Serie A, bakal memasuki detik-detik menentukan. Akhir pekan ini alias giornata ke-37 hadir mewadahi ruang dan waktu 18 tim yang masih ingin mencapai target masing-masing. So, it’s now or never!.

 

Serie A musim ini hanya akan menyajikan dua partai lagi. Tapi hingga kini, penentuan pesanan Scudetto dan tiket-tiket kancah Eropa belum bisa dipastikan akan menjadi milik siapa. Juventus dan AC Milan masih belum bisa memastikan, siapa di antara mereka yang akan memenangkan arisan Serie A musim ini.

 

Il Diavolo yang giornata ke-36 lalu sempat tertinggal tiga poin, kini kembali merapatkan diri dengan Si Nyonya Tua dengan bentangan jarak satu poin saja. Tapi keduanya akan menghadapi lawan yang levelnya berbeda, Senin dini hari mendatang.

 

Juve lebih beruntung karena harus bertandang ke markas tim gurem, Cagliari. Sementara Milan harus melakoni derby della maddonina kontra Inter Milan. Tapi bukan berarti Bianconeri bisa bersantai, laga kontra Lecce tengah pekan lalu menjadi pelajaran berarti bahwa hingga periode akhir ini, setiap partai adalah final.

 

Sedangkan Milan terbebani dua hal jelang laga panas versus tim sekotanya – Inter. Selain wajib mendapuk tiga poin, Milan juga punya kewajiban martabat dan tradisi setiap bersua Inter Milan.

 

Milan dan Juve selain masih berebut titel bertajuk scudetto, setidaknya yang kalah di antara mereka akan mendapat hadiah hiburan, yakni tiket putaran final Liga Champions. Tapi untuk satu tiket kualifikasi kompetisi Eropa ‘kelas satu’ itu, masih menjadi rebutan hidup-mati empat kubu, yakni Napoli, Udinese, Lazio dan tak ketinggalan Inter.

 

Il Biscione menjadi tim yang punya kans paling kecil, sementara peluang terbuka, mutlak milik dua tim yang memiliki perolehan poin yang sama (58 poin), yakni Napoli dan Udinese. Keempat kubu itu akan bersikeras untuk ‘membunuh’ tim-tim kecil – kecuali Inter (vs Milan), demi meraup poin sempurna dan memaksakan tiket Champions tak jatuh pada tim seberang.

 

Terakhir, perjuangan minimalis yang hanya berharap bisa selamat dari zona merah, ternyata hanya tinggal milik lima tim. Sebagaimana yang disebutkan di atas, 18 tim Serie A masih menghidupkan kepentingan masing-masing, kecuali Cesena dan Novara yang sudah tak lagi punya kesempatan untuk selamat.

 

Lecce yang masih berkutat di zona merah dengan status urutan ke-18, masih punya kans meski kecil untuk selamat. Sementara Genoa, Palermo, Fiorentina dan Cagliari, masih dirundung ancaman degradasi. Tiga poin wajib dilahap jika tak ingin menggantikan posisi Lecce untuk menemani Novara dan Cesena, yang sudah bersiap berucap Ciao Serie A!.

(raw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini