Blunder Buffon Bikin Juve Tertahan

A. Firdaus, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2012 03:48 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 03 47 622811 IiXe04bb7C.jpg Selebrasi gol Lecce, bungkam publik Juventus Stadium (foto: Getty Images)

TURIN – Di saat pertandingan menyisakan dua partai lagi, Juventus harus kehilangan poin penuh di kandang. Gol cepat Claudio Marchiso dimenit kesembilan berhasil dibalas oleh Luis Muriel di menit ke-85.

Di babak pertama, menghadapi Lecce di Juventus Stadium, Bianconeri sudah unggul lewat gol cepat Claudio Marchisio di menit kesembilan, yang bertahan hingga babak pertama usai. 

Juventus melakoni partai kandangnya kali ini dengan tetap mengandalkan formasi andalannya 3-5-2, sayang di awal-awal pertandingan Paolo De Ceglie harus digantikan oleh Martin Caceres. Caceres pun kali ini terpaksa beroperasi sebagai bek kiri. 

Meski memiliki perubahan tapi tidak membuat Juve kaku, mereka tetap bermain lepas dengan mendominasi permainan. Beberapa peluang pun tercipta dan sempat membahayakan gawang Lecce. 

Salah satu peluang yang dapat dikonversi dengan baik adalah pada menit kesembilan, di mana gelandang Marco Marchisio mampu membuka gol Juve, setelah menerima umpan matang dari Andrea Pirlo. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Juve. 

Memasuki setengah jam pertandingan, Juve terus tampil menekan. Namun beberapa peluang masih bisa digagalkan oleh penjaga gawang Lecce, Massimiliano Benassi. Skor pun tampaknya tidak berubah hingga babak pertama usai. 

Masuk ke interval kedua, Juve terus mengincar gol berikutnya demi mengamankan tiga poin mereka. Tapi rencana Juve menambah gol harus tertunda karena kiper Benassi yang bermain cemerlang di pertandingan itu. 

Beberapa upaya dari tendangan keras Marchisio, Pirlo, maupun Fabio Quagliarella berhasil dimentahkan oleh Benassi. Skor 1-0 pun masih bertahan hingga memasuki menit ke-70.

Di menit ke-78 sang ikon Juventus, Alessandro Del Piero dimasukkan allenatore Antonio Conte demi menambah daya dobrak lini depan La Vecchia Signora. Del Piero menggantikan Mirko Vucinic yang bermain kurang maksimal.

Namun, memasuki menit ke 85, blunder dilakukan oleh portiere utama Bianconeri, Gianluigi Buffon. Menerima backpass dari Andrea Barzagli, mantan punggawa AC Parma ini tidak sempurna menerimanya. Bola pun berhasil dikuasai oleh Luis Muriel yang tanpa ampun membobol gawang Juve yang sudah tak bertuan itu. Skor imbang 1-1.

Hasil ini membuat Juventus hanya mengemas satu poin saja dengan mengoleksi 78 poin. Kini Juve hanya unggul satu poin dengan Milan yang di saat bersamaan berhasil menaklukan Atalanta 2-0 di San Siro.

Susunan Pemain:

Juventus: 1. G. Buffon, 15. A. Barzagli, 26. S. Lichtsteiner, 19. L. Bonucci, 3. G. Chiellini, 11. P. De Ceglie (Caceres 6’), 21. A. Pirlo , 22. A. Vidal, 8. C. Marchisio, 14,. M. Vucinic (Del Piero 78’), 18. F. Quagliarella (Matri 72’)

Lecce: 81. M. Benassi, 80. M. Carrozzieri, 13. L. Miglionico, 28. D. Brivio, 40. N. Tomovic, 26. M. Blasi, 8. C. Obodo (Bertolacci 71’), 82. G. Delvecchio, 7. J. Cuadrado, 17. D. Di Michele (Giacomazzi 61’), 11. H. Seferovic (Muriel 51’)

(fir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini