Balikkan Keadaan, Parma Permalukan Inter

Windi Wicaksono, Jurnalis · Kamis 03 Mei 2012 03:45 WIB
https: img.okezone.com content 2012 05 03 47 622810 M3oaBoKPpM.jpg Pemain Parma merayakan kemenangan (Foto: Getty)

MILAN – Parma berhasil membalikkan keadaan menjadi 3-1 setelah di babak pertama sempat tertinggal 0-1 dari Inter Milan dalam laga lanjutan kompetisi Serie A di Stadion Ennio tardini, Kamis (3/5/2012) dini hari WIB.

Bertindak sebagai tamu, Inter yang mengincar tiket Liga Champions bermain ofensif sejak peluit kick off dibunyikan. Terbukti, baru menit kedua, tendangan Wesley Sneijder hasil crossing Maicon masih bisa ditangkap kiper Parma Nicola Pavarini.

Nerazzurri kembali mendapat peluang pada menit kelima, kali ini tendangan kaki kanan Maicon juga masih bisa diblok oleh Pavarini. Tiga menit berselang, giliran Parma yang mengancam gawang Inter melalui, namun tendangannya masih melambung tinggi.

Wesley Sneijder berhasil membuat Inter memimpin pada menit ke-13 usai mendapat umpan silang mendatar dari Dejan Stankovic. Tendangan keras kaki kiri Sneijder tak bisa dibendung Pavarini, Parma 0 Inter 1.

Usai kebobolan, Parma mengambil inisiatif bermain lebih menyerang. Berulangkali serangan yang dibangun Sebastian Giovinco masih kandas, baik oleh kiper Julio Cesar atau pertahanan Nerazzurri yang tampil disiplin.

Peluang paling berbahaya Parma terjadi pada menit ke-39 ketika tendangan keras kaki kanan Jonathan Biabiany masih menyamping tipis dari tiang gawan Inter. Hingga pertandingan babak pertama berakhir, skor masih 1-0 untuk keunggulan Inter.

Babak kedua

Dalam kondisi tertinggal, Parma mencoba bangkit di babak kedua, permainan ofensif diperlihatkan Cristian Zaccardo dan kawan-kawan. Mereka menyerang dari berbagai sisi pertahanan Inter.

Beberapa peluang terjadi dari Daniele Galloppa dan Fernando Marqués, namun masih belum membuahkan hasil. Baru pada menit ke-53, Parma menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui Fernando Marques.

Gol Marques berawal dari blunder yang dilakukan bek Inter Lucio, yang bolanya direbut oleh Giovinco, yang kemudian langsung mengirim bola kepada Marques yang berdiri bebas. Tendangan kaki kanan Marques tak bisa dihalau Cesar, skor 1-1.

Belum juga bangkit, dua menit kemudian gawang Cesar kembali bobol lewat Giovinco yang dalam laga ini bermain gemilang. Gol Giovinco bermula dari umpan Galloppa yang diselesaikan dengan sepakan kaki kanan mantan pemain Juventus tersebut.

Nerazzurri mencoba mengejar ketinggalan mereka dengan memasukkan Giampaolo Pazzini dan Mauro Zarate. Namun, tetap tak bisa merobek gawang Parma, karena disiplinnya lini belakang tim asuhan Roberto Donadoni itu.

Malah, gawang Inter yang lagi-lagi kembali bobol pada menit ke-83 lewat aksi bekas punggawa Nerazzurri Jonathan Biabiany yang mampu memanfaatkan assist Giovinco. Parma memimpin 3-1.

Meski sudah unggul, Parma tetap memainkan strategi ofensif, gawang Cesar nyaris kembali bobol, beruntung tendangan Giovinco dan Stefano Okaka masih belum menemui sasara. Hingga wasit meniup peluit akhir, skor tak berubah, Parma menang 3-1 atas Inter.

Susunan pemain kedua tim:

Parma: 1 Pavarini; 5 Zaccardo, 29 Paletta, 6 Lucarelli; 2 Jonathan, 80 Valiani (Santacroce 77), 17 Valdes, 8 Galloppa, 7 Biabiany (Modesto 86); 32 Marques (Okaka 64), 10 Giovinco.

Inter: 1 Julio Cesar; 13 Maicon, 6 Lucio, 25 Samuel, 55 Nagatomo (Faraoni 46); 19 Cambiasso, 5 Stankovic (Zarate 59), 20 Obi; 11 Alvarez (Pazzini 72), 10 Sneijder; 22 Milito.

(win)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini