Hanya Imbang, City Rebut Takhta United

Achmad Firdaus, Jurnalis · Minggu 25 Maret 2012 02:29 WIB
https: img.okezone.com content 2012 03 25 45 599159 jomG50X4WP.jpg Duel udara Crouch dengan Kolo Toure (Foto: Getty Images)

STAFFORDSHIRE - Manchester City berhasil selamat dari kekalahan saat berhadapan dengan Stoke City. Yaya Toure mencetak gol balasan untuk memaksakan hasil imbang 1-1.

Bertandang ke markas Stoke di Britannia Stadium, Minggu (25/3/2012) dini hari WIB, City mengusung target kemenangan demi mengambil alih tampuk pimpinan klasemen dari tangan rival sekota, Manchester United.

Namun, misi tersebut tidak berjalan dengan mudah. Pasalnya, kubu Stoke yang main di hadapan publiknya mampu memberikan perlawanan sepadan. Skuad besutan Tony Pulis kerap menebar ancaman lewat serangan balik cepat.

City yang nampak kesulitan membongkar pertahanan Stoke, baru bisa menciptakan peluang pertamanya di menit ke-29. Gael Clichy mengirim umpan silang yang berhasil ditanduk Edin Dzeko. Sayang, sundulannya masih di atas mistar.

Di menit ke-38, Stoke nyaris membuka keunggulan. Berawal dari sepak pojok Matthew Etherington, bola jatuh ke muka gawang dan menciptakan kemelut. Beruntung bagi City, Pablo Zabaleta cukup sigap menyapu bola sebelum melewati gawang. Skor 0-0 menjadi penutup babak pertama.

Masuk ke babak kedua, City langsung mengambil inisiatif serangan. Dua peluang emas didapat pada menit ke-47 dan 48. Sayang upaya Dzeko dan tendangan jarak jauh Samir Nasri masih berhasil digagalkan Asmir Begovic, kiper Stoke.

Saat tengah asyik menyerang, City justru dikejutkan oleh gol Stoke di menit ke-57. Bomber jangkung Peter Crouch mencetak gol indah dengan sepakan voli melengkung yang tak kuasa dibendung Joe Hart. Stoke secara mengejutkan unggul 1-0.

Tersentak dengan gol tersebut, City langsung bereaksi dengan meningkatkan tempo serangan. Pelatih Roberto Mancini juga memasukkan ‘senjata rahasia’ Carlos Tevez untuk menambah daya gedor tim.

Masuknya Tevez ternyata memberikan angin segar buat City. Puncaknya, di menit ke-76, The Citizens sukses menyamakan kedudukan lewat tendangan jarak jauh Yaya Toure yang sempat mengenai Ryan Shawcross dan berbelok arah sehingga mengecoh Begovic. Skor sama kuat 1-1.

Tak puas dengan hasil imbang, City masih terus menggempurpertahanan Stoke. Sialnya, hingga lima menit masa tambahan waktu, skuad Eastland tak juga mampu mencetak gol kemenangan. Skor 1-1 menjadi hasil akhir.

Dengan hasil ini, City sukses menyamai perolehan poin Manchester United (55) dan berhak memimpin klasemen sementara karena unggul selisih gol. Namun, posisi City bisa kembali turun ke urutan dua apabila United menang melawan Fulham, Selasa (27/3/2012) dini hari.

Susunan Pemain:

STOKE: Begovic, Wilkinson, Shawcross, Huth, Wilson, Jerome (Pennant 51'), Whelan, Whitehead, Etherington, Walters, Crouch.

MAN CITY: Hart, Zabaleta/Milner (83’), Richards, Toure, Clichy, Toure Yaya, Barry/Tevez (74'), Silva/Johnson (63'), Balotelli, Nasri, Dzeko.

(acf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini