nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gol Spektakuler Vucinic Bawa Juventus di Atas Angin

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2012 04:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2012 03 21 47 597063 AMU7GKWFpR.jpg Mirko Vucinic disambut rekan-rekannya sesaat setelah berhasil membuat gol/Getty Images

TURIN – Laga semifinal kedua Coppa Italia antara Juventus dan AC Milan ini benar-benar seru. Gol jarak jauh spektakuler Mirko Vucinic di babak perpanjangan waktu membuat skor kembali imbang 2-2 (agregat 4-3) dan Bianconeri pun kini berada di atas angin.

 

Laga di Juventus Arena ini berlangsung menarik. Kedua tim bermain dalam tempo cepat dan saling jual-beli serangan. Baik Juventus maupun Milan sama-sama bermain terbuka dan agresif.

 

Namun, hingga 20 menit pertama tak ada peluang berarti yang tercipta karena pertarungan lebih banyak terjadi di lapangan tengah. Benturan di antara kedua kesebelasan pun tak terhindarkan dan membuat sibuk wasit Daniele Orsato.

 

Hingga akhirnya terciptalah gol di menit ke-28 melalui sang kapten Alessandro Del Piero. Gol ini berawal dari umpan silang mendatar Stephane Lichsteiner kepada Del Piero yang dengan sekali kontrol mampu mengelabui penjaga gawang Marco Amelia sebelum menceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

 

Juventus memimpin 1-0 dan unggul semakin jauh dari segi agregat menjadi 3-1. Sementara di sisi lain, Milan terlihat kehabisan akal membongkar pertahanan Juventus. Umpan-umpan pendek mereka kerap tidak akurat dan bola-bola lambung kepada Zlatan Ibrahimovic tidak efektif.

 

Barulah di lima menit terakhir permainan Rossoneri membaik. Clarence Seedorf dkk. lebih menguasai permainan. Tetapi lagi-lagi serangan-serangan mereka yang selalu diakhiri oleh bola-bola lambung ke dalam kotak penalti Bianconeri mudah sekali dipatahkan.

 

Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 1-0 bagi tuan rumah.

 

Memasuki babak kedua, Massimiliano Allegri memutuskan mengganti Ibra dengan Maxi Lopez. Tanpa Ibra, Milan justru menggebrak. Rossoneri langsung mencetak gol di menit ke-51 lewat sundulan Djamel Mesbah.

 

Milan semakin percaya diri dan hingga menit ke-60 mereka terus mendominasi pertandingan. Juventus yang sesekali melancarkan serangan balik juga mendapat peluang.

 

Tendangan Mirko Vucinic pada menit ke-65 masih mengenai tiang gawang. Pertandingan berjalan semakin seru, Milan hanya butuh satu gol lagi untuk memaksakan perpanjangan waktu.

 

Untuk menambah daya gedor, striker veteran Filippo Inzaghi pun dimasukkan pada menit ke-77 menggantikan El Shaarawy. Namun, jantung Milanisti sempat berdegup kencang di menit ke-78 saat Luca Antonini yang berniat mengalau bola tendangan bebas Andrea Pirlo nyaris menciptakan gol bunuh diri.

 

Tapi para Juventini di Juventus Arena-lah yang terdiam saat Maxi Lopez mampu mencetak gol pada menit ke-81. Tendangan keras Maxi dari luar kotak penalti gagal ditahan Marco Strorari. Juventus kini berbalik unggul 2-1.

 

Agregat pun berubah menjadi 3-3 dan laga mesti dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

 

Gol langsung tercipta di awal perpanjangan waktu. Tendangan jarak jauh spektakuler Mirko Vucinic pada menit ke-95 melesat deras ke gawang Amelia. Skor berubah menjadi 2-2. Juventus pun kembali di atas angin karena unggul agregat 4-3.

 

Juventus yang tampil lebih ngotot menguasai permainan hingga babak pertama perpanjangan waktu berakhir. Sementara di sisi lain, para pemain Milan mulai terlihat kelelahan.

 

Susunan pemain:

 

Juventus (4-3-3): 30-Storari; 26-Lichsteiner (4-Caceres 90’), 19-Bonucci, 3-Chiellini, 11-De Ceglie; 22-Vidal, 21-Pirlo, 24-Giaccherini; 7-Pepe (8-Marchisio 63’), 10-Del Piero (23-Borriello 74’), 14-Vucinic.

 

Cadangan: 13-Manninger, 23-Estigarribia, 20-Padoin, 18-Quagliarella,.

 

AC Milan (4-3-1-2): 1-Amelia; 77-Antonini, 5-Mexes, 33-Thiago Silva, 15-Mesbah; 18-Aquilani (22-Nocerino 68’), 10-Seedorf, 14-Muntari; 28-Emanuelson; 11-Ibrahimovic (21-Maxi Lopez 46’), 92-El Shaarawy (9-Inzaghi 78’).

 

Cadangan: 32-Abbiati, 25-Bonera, 76-Yepes, 8-Gattuso.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini